Menlu Retno Marsudi Ungkap Alasan 7 WNA Ikut Dievakuasi dari Afghanistan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:42 WIB
loading...
Menlu Retno Marsudi Ungkap Alasan 7 WNA Ikut Dievakuasi dari Afghanistan
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers penyambutan WNI dari Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu 921/8/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sebanyak 26 WNI berhasil dievakuasi dari Afghanistan dan tiba dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan pesawat TNI AU Boeing 737-400, Sabtu (21/8/2021) sekitar pukul 03.05 WIB. Bukan hanya WNI, ada juga 7 WNA yang ikut dievakuasi oleh pemerintah Indonesia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menjelaskan alasan ikut mengevakuasi 7 WNA, 5 WNA merupakan warga negara Filiphina yang dititipkan pemerintah Filiphina.

"Selain WNI dalam misi evakuasi ini juga 5 WN Filipina yang pemerintahnya meminta bantuan untuk diangkut dalam misi evakuasi Indonesia," kata Retno di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Hancurkan Aset Militer yang Direbut Taliban, Biden Pertimbangkan Serangan Udara

Selain itu, sambung Retno, terdapat 2 orang warga negara Afghanistan, satu adalah suami salah seorang WNI dan satunya lagi adalah local staf yang bekerja di KBRI Kabul, Afghanistan.

Menurut Retno, mengevakuasi WNA ini bukan kali pertama dilakukan, karena ini merupakan bagian dari kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan pemerintah Indonesia.

"Bantuan membawa WNA dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan, ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan," ucap Retno.

Baca juga: Cerita di Balik Penggunaan Pesawat TNI AU dalam Evakuasi WNI dari Afghanistan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)