Satgas: Ibu Hamil dan Menyusui Dapat Disuntik Vaksin Covid-19

Selasa, 10 Agustus 2021 - 20:26 WIB
loading...
Satgas: Ibu Hamil dan Menyusui Dapat Disuntik Vaksin Covid-19
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah dapat diberikan kepada ibu hamil. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah dapat diberikan kepada ibu hamil . Menurutnya, Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah merekomendasikan vaksinasi bagi perempuan mengandung.

"Upaya pemberian vaksinasi dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasi oleh ITAGI. Selanjutnya dalam proses screening atau penapisan sebelum vaksinasi terhadap ibu hamil dilakukan lebih detail dibanding dengan sasaran lain," katanya dalam konferensi persnya, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan bahwa vaksinasi hanya bisa diberikan kepada ibu hamil yang usia kandungan sudah 13 minggu dan berada di trimester kedua kehamilan.

Baca juga: 77,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Datang Lagi Bulan Ini

"Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut maka vaksin dapat diberikan," ujarnya.

Selain itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menyatakan vaksinasi covid-19 aman bagi ibu menyusui. Namun begitu sebelum divaksinasi, ibu menyusui dianjurkan berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya dengan dokter. Selain itu juga harus berada dalam kondisi fit untuk menerima vaksin.

"Setelah vaksin, tetap aman untuk menyusui, karena menyusui dan kontak kulit ke kulit dapat mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan. Dan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan potensi risiko penularan covid-19," katanya.

Baca juga: Target 80 Persen, Pemkot Bandung Kejar Ketersediaan Vaksin COVID-19
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)