Tak Hanya Indonesia, Satgas Sebut Ada 24 Negara Alami Lonjakan Kasus Covid-19

Selasa, 13 Juli 2021 - 20:32 WIB
loading...
Tak Hanya Indonesia, Satgas Sebut Ada 24 Negara Alami Lonjakan Kasus Covid-19
Menurut WHO hampir lebih dari 24 negara di dunia sedang mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang sangat tajam. FOTO/orfonline.org
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini tidak hanya Indonesia yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 . Pasalnya, ada negara lain yang mengalami kasus serupa.

"Saya perlu memberitahu bahwa pada saat ini menurut WHO hampir lebih dari 24 negara di dunia sedang mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang sangat tajam," katanya dalam konferensi pers, Selasa (13/7/2021).

Dia mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara yang mengalami lonjakan kasus mencoba mengoptimalkan berbagai intervensi. Hal ini untuk meminimalisir penularan baik dengan memperhatikan kemunculan varian baru.

"Pengendalian mobilitas dan aktivitas sosial masyarakat, pengendalian Covid-19 yang berlapis dan percepatan vaksinasi di seluruh penjuru negeri," katanya.

Baca juga: Luhut: Jika Kasus Covid Belum Turun PPKM Darurat Diperpanjang

Wiku mengatakan, terkait kapan pandemi berakhir tergantung pada banyak hal. Salah satunya adalah soal keseriusan dan komitmen dalam disiplin protokol kesehatan. Selain itu juga ketegasan pemerintah pusat maupun daerah dalam menindak tegas mungkin pelanggarannya oleh individu, kelompok masyarakat atau institusi.

"Sebenarnya sangat mudah dilakukan yaitu dengan menolak kunjungan atau ajakan berkumpul yang berpotensi meningkatkan penularan. Memanfaatkan sebaik mungkin apabila memiliki kesempatan untuk work from home, dan sebisa mungkin tidak keluar rumah untuk keperluan yang tidak mendesak," katanya.

Dia kembali mengingatkan bahwa bagi yang terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja agar menggunakan masker dengan baik dan benar. Termasuk juga selalu mencuci tangan. "Jangan membuka masker di tempat keramaian apalagi pada saat berbicara dengan orang lain. Saya turut mendoakan semoga kita semua terpaksa tetap harus keluar rumah untuk bekerja agar selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diberikan kesehatan agar terhindar dari Covid-19," katanya.

Baca juga: Menkes Ungkap Alasan TNI Ditunjuk Distribusikan Obat Covid-19
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)