Sandiaga Uno Sebut Unhas Produsen Pemimpin Nasional

Jum'at, 25 Juni 2021 - 20:06 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sebut Unhas Produsen Pemimpin Nasional
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno hadir di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamanlarea Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/6/2021). FOTO/IST
A A A
MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hadir di Kampus Universitas Hasanuddin ( Unhas ) Tamanlarea Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/6/2021). Kehadirannya untuk menandatangani kerja sama pengembangan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hadir dalam acara itu, Rektor Unhas Prof Dwia Ariestina Pulubuhu, Ketua Majelis Wali Amanat Unhas Komjen Pol Syafruddin, Ketua Senat Akademik, Ketua Guru Besar, para dekan dan sivitas akademika Unhas.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan, Unhas adalah salah satu kampus yang melahirkan SDM unggul dan berdaya saing. Pada era 1990-an, Prof Achmad Amiruddin (pernah menjadi Rektor Unhas dan Gubernur Sulsel serta Wakil Ketua MPR) sangat menginspirasi dengan konsep PETIK OLAH JUAL yang merupakan konsep transformasi ekonomi dan inovasi industri yang berdaya saing.

Baca juga: Gandeng Unhas, Kemenhub Kaji Desain Dermaga Terapung Ibu Kota Baru

Pada awal reformasi, Unhas juga melahirkan tokoh nasional seperti Prof Basri Hasanuddin (rernah menjadi Rektor Unhas) dan kemudian dipercaya Presiden Gus Dur menjadi Menkokesra. Tak ketinggalan juga HM Jusuf Kalla, Ketua Umum IKA Unhas, yang telah mengisi perjalanan kepemimpinan bangsa dalam kurun waktu 20 tahun reformasi. Kini Jusuf Kalla dipercaya oleh dunia sebagai tokoh perdamaian.

"Tak terhitung jumlah berapa banyak alumni Unhas yang telah mewarnai pembangunan ekonomi dari berbagai jenjang pengabdian mulai kepala desa, kepala daerah, BUMN hingga saudagar tangguh serta professor-professor, peneliti handal yang melahirkan karya akademis sebagai rujukan dalam penyusunan rencana pembangunan nasional," kata Sandi, sapaan akrab Menparekraf.

Dalam kebijakan Kampus Merdeka, kata Sandi, mahasiswa Unhas harus mampu membangun karakter dan menjadi diri creative thingkers, creative ledears, agen pembaharu dan pemimpin gerakan sosial dan ekonomi. Dengan begitu, Tri Dharma perguruan tinggi bisa diwujudkan.

Baca juga: STP Unhas Usul Konsep Pengembangan KEK Pangan di Luwu Utara

"Kita semua Optimis Indonesia akan mampu menjadi bangsa yang kuat maju dan menjadi pemenang dalam percaturan ekonomi dunia," katanya.

Salah satu sosok yang patut menjadi teladan adalah Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Komjen Pol Syafrudin. Dia adalah sosok penggerak persatuan umat, pejuang kebangkitan ekonomi umat, memiliki cita-cita luhur akan terwujudnya keadilan umat.

"Inilah saat yang tepat kita wujudkan sinergi dan kerja sama untuk kemajuan Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)