Papua Pintar sampai Papua Bangga: 7 Program untuk Bumi Cendrawasih

Selasa, 22 Juni 2021 - 18:52 WIB
loading...
Papua Pintar sampai Papua Bangga: 7 Program untuk Bumi Cendrawasih
Pemerintah merumuskan tujuh program strategis untuk percepatan kesejahteraan masyarakat Papua. Foto/mongabay
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah telah dirumuskan tujuh program strategis dalam percepatan kesejahteraan masyarakat Papua . Pertama, di bidang pendidikan melalui Papua Pintar yang melibatkan Universitas Cendrawasih.

“Kontribusi Universitas Cenderawasih sangat dibutuhkan untuk dapat menjadi think tank, terutama dalam membangun SDM Papua yang lebih berkualitas, kompeten, dan unggul,” kata Maruf dikutip dari pers rilis Biro Pers Setwapres, Selasa (22/6/2021).

Kedua, sektor kesehatan yakni dengan program Papua Sehat. Dia mengatakan program ini sebagai solusi atas permasalahan sulitnya akses masyarakat Papua terhadap fasilitas dan layanan kesehatan.

“Ini antara lain, peningkatan RSUD di tujuh wilayah adat, pengembangan infrastruktur Papua, penguatan puskesmas, dan penampungan anak terlantar,” ujarnya.



Ketiga, program Papua Mandiri. Maruf menjelaskan bahwa Papua Mandiri berupa wujud pengembangan komoditas unggulan yang mencakup kawasan wisata dan pengembangan usaha masyarakat Papua.

“Penetapan Sail Teluk Cenderawasih 2023, wisata terpadu, balai ekonomi desa, petani millennial, serta pengembangan balai latihan kerja dan sekolah vokasi,”tuturnya.

Keempat, Papua Tersambung yang merupakan upaya konektivitas jalur di Papua yang sifatnya mempermudah akses komunikasi dan transportasi.

“Major project jembatan udara, peningkatan jaringan dari Palapa Ring Timur, major project trans Papua ke sentra ekonomi, dan pembangunan beberapa depo di sentra ekonomi,” jelasnya.

Kelima, Papua Terang yakni upaya pemerintah di dalam memberikan akses listrik di seluruh pelosok tanah Papua. Selain itu juga kerjasama dalam membangun energi baru terbarukan dengan stakeholder terkait.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)