Kasus Covid-19 di Kudus-Bangkalan Meledak, Kapolri: Akibat Kerumunan dan Prokes Kendor

Senin, 07 Juni 2021 - 14:29 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Kudus-Bangkalan Meledak, Kapolri: Akibat Kerumunan dan Prokes Kendor
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus Covid-19 melonjak di Kudus dan Bangkalan akibat kerumunan dan penerapan protokol kesehatan yang kendor. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan adanya peningkatan kasus Covid-19 pascaarus balik Lebaran disebabkan oleh beberapa hal. Dia mengatakan hal tersebut rata-rata karena cluster kerumunan. Seperti diketahui saat ini terdapat dua daerah yang mengalami ledakan kasus Covid yakni Kabupaten Kudus dan Kabupaten Bangkalan.

“Dari hasil evaluasi, kita dapati bahwa rata-rata terjadi karena cluster kerumunan. Apakah cluster itu muncul karena kegiatan silaturahmi, kemudian kegiatan-kegiatan kunjungan ke tempat wisata, ataupun kunjungan-kunjungan ke family. Sehingga dari situ kita melihat terjadi peningkatan,” katanya seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (7/6/2021). Hal tersebut diperparah dengan kecenderungan masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). “Hal tersebut semakin meningkat karena mulai muncul kecenderungan masyarakat mulai berkurang kedisiplinannya terkait dengan masalah penggunaan masker. Sehingga apabila kita lihat terjadi ledakan, di wilayah Kudus dan Bangkalan,” paparnya.

Dia mengatakan TNI dan Polri melakukan langkah-langkah untuk mengatasi ledakan kasus tersebut. Salah satunya memberikan pendampingan. “Dan melakukan akselerasi,untuk segera memulihkan kembali dan mengendalikan laju pertumbuhan angka covid,” pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)