Kasus Covid-19 di Kudus-Bangkalan Meledak, Kapolri: Akibat Kerumunan dan Prokes Kendor

loading...
Kasus Covid-19 di Kudus-Bangkalan Meledak, Kapolri: Akibat Kerumunan dan Prokes Kendor
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus Covid-19 melonjak di Kudus dan Bangkalan akibat kerumunan dan penerapan protokol kesehatan yang kendor. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan adanya peningkatan kasus Covid-19 pascaarus balik Lebaran disebabkan oleh beberapa hal. Dia mengatakan hal tersebut rata-rata karena cluster kerumunan. Seperti diketahui saat ini terdapat dua daerah yang mengalami ledakan kasus Covid yakni Kabupaten Kudus dan Kabupaten Bangkalan.

“Dari hasil evaluasi, kita dapati bahwa rata-rata terjadi karena cluster kerumunan. Apakah cluster itu muncul karena kegiatan silaturahmi, kemudian kegiatan-kegiatan kunjungan ke tempat wisata, ataupun kunjungan-kunjungan ke family. Sehingga dari situ kita melihat terjadi peningkatan,” katanya seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (7/6/2021). Baca juga: Ini Provinsi-provinsi dengan Kasus Aktif Tinggi dan Keterisian RS di Atas 50%

Hal tersebut diperparah dengan kecenderungan masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). “Hal tersebut semakin meningkat karena mulai muncul kecenderungan masyarakat mulai berkurang kedisiplinannya terkait dengan masalah penggunaan masker. Sehingga apabila kita lihat terjadi ledakan, di wilayah Kudus dan Bangkalan,” paparnya.

Dia mengatakan TNI dan Polri melakukan langkah-langkah untuk mengatasi ledakan kasus tersebut. Salah satunya memberikan pendampingan. “Dan melakukan akselerasi,untuk segera memulihkan kembali dan mengendalikan laju pertumbuhan angka covid,” pungkasnya.

(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top