Terima Bintang Jasa dari Rusia, Megawati Tak Bisa Tahan Haru Teringat Sang Ayah

Rabu, 02 Juni 2021 - 15:22 WIB
loading...
Terima Bintang Jasa dari Rusia, Megawati Tak Bisa Tahan Haru Teringat Sang Ayah
Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan Order of Friendship dari Rusia yang diwakili oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). Foto/SINDOnews/Rakhmatu
A A A
JAKARTA - Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputr i tak bisa menahan haru ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin.

Rasa haru Megawati membuat suaranya tercekat ketika dirinya menerima penghargaan dari Rusia yang diwakili oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Sedianya penghargaan itu akan diberikan oleh Presiden Putin langsung di Moskow, pada tahun lalu. Namun akibat pandemi COVID-19, akhirnya Putin mengutus Lyudmila menyerahkannya di Indonesia kepada Presiden Megawati.

Untuk Indonesia, Megawati adalah yang pertama mendapatkan penghargaan ini. Di Asia Tenggara, pemimpin yang pernah menerima penghargaan sejenis adalah Lee Kuan Yew di Singapura, serta Mahathir Mohammad di Malaysia.

"Ibu Megawati adalah warga negara Indonesia pertama yang dianugerahi bintang persahabatan ini," kata Lyudmila.

Dia lalu membeberkan alasan pemberian penghargaan tersebut. Yakni Rusia melihat begitu besarnya sumbangsih Megawati dalam memperkokoh kerja sama dan saling pengertian di antara masyarakat Rusia dan Indonesia. Pemberian ini sekalian sebagai simbol peringatan 70 tahun persahabatan kedua negara.

Lyudmila mengatakan Rusia mengakui bahwa hubungan dengan Indonesia yang saling menghormati dan saling percaya dimulai sejak Presiden RI pertama, Soekarno yang juga ayahanda Megawati sendiri. Rusia menghormati Soekarno sehingga perayaan ulang tahun Soekarno ke-120 pada tahun ini akan ikut mereka lakukan di Jakarta.

"Yang mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara," tutur Lyudmila.

Saat diberi kesempatan merespons pemberian penghargaan itu, Megawati tak mampu menahan rasa harunya. Rupanya, Ketua Umum DPP PDIP itu teringat dengan ayahnya. "Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini," ujar Megawati dengan suara tercekat.

"Karena saya teringat kepada ayah saya. Saya sangat mengerti bahwa beliau (Soekarno, red) yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," sambung Megawati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)