Wakil Ketua DPR Sebut Indonesia Tak Dapat Kuota Haji Karena Vaksin

Senin, 31 Mei 2021 - 22:28 WIB
loading...
Wakil Ketua DPR Sebut Indonesia Tak Dapat Kuota Haji Karena Vaksin
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkap kabar terbaru bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota haji untuk pelaksanaan ibadah haji 2021. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkap kabar terbaru bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota haji untuk pelaksanaan ibadah haji 2021.

"Sementara kita gak usah bahas itu (vaksin) dulu. Karena info terbaru yang kita dengar bahwa kita nggak dapet kuota haji," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, tidak adanya alokasi kuota haji bagi Indonesia ini lantaran vaksinasi Covid-19 yang digunakan Indonesia. Diketahui bahwa vaksin Sinovac yang digunakan Indonesia belum mendapatkan Emergency Use Listing (EUL) di WHO sebagaimana yang disyaratkan pemerintah Arab Saudi untuk penyelenggaraan haji 2021.

Baca juga: Indonesia Kena Lockdown Saudi, Konjen RI: Ini Tak Terkait Haji

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini pun meminta agar pemerintah lebih memperhatikan persoalan vaksin ini. "Ini jadi pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti," ujarnya.

Saat ditanya lebih detail mengenai penyebab Indonesia tidak mendapatkan kuota, Dasco mengaku belum tahu, karena dirinya baru mendapatkan informasi itu. Kemungkinan hal ini akan dijelaskan oleh Komisi VIII DPR.

"Saya belum tahu, saya baru dapetninformasi begitu mungkin akan dijelaskan oleh Komisi VIII atau yang terkait atau pak Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR Korkesra) yang akan menjelaskan," kata Dasco.

Baca juga: Pemerintah Diminta Aktif Lobi Saudi Terkait Syarat Vaksin Haji
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3822 seconds (11.210#12.26)