Kirim 2.000 Tabung Oksigen ke India, Airlangga: Kita Harus Perkuat Solidaritas

Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:14 WIB
loading...
Kirim 2.000 Tabung Oksigen ke India, Airlangga: Kita Harus Perkuat Solidaritas
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Data terbaru menyebutkan, Kementerian Kesehatan India mencatat 4.529 kematian akibat virus Corona (Covid-19) pada Kamis 20 Mei 2021. Ini jumlah kematian tertinggi dalam satu hari secara global. Pemicunya adalah strain India yang menular menjalar di seluruh negara itu dan terus membanjiri sistem medisnya.

.

Untuk diketahui, sebelumnya pada 10 Mei 2021, di tahap pertama Indonesia sudah mengirimkan bantuan 1.400 tabung oksigen Airlangga memaparkan kasus Corona di India pernah benar-benar turun pada Desember 2020, yang membuat RI mempelajari strategi penurunan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Namun, kasus Covid-19 kembali melonjak pada awal 2021, yang mana hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi Indonesia. Untuk itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tersebut, mengingatkan masyarakat Indonesia agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Corona.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi pelaku industri yang turut berpartisipasi dalam pengiriman bantuan oksigen ke India.

"Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan partisipasi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya bantuan ini, terutama kepada sektor industri," ujar Menperin.

"Dengan dikirimkannya bantuan oksigen tahap kedua untuk korban pandemi Covid-19 di India hari ini, menunjukkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membantu India dalam menanggulangi pandemi Covid-19," tambahnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)