Lukisan NFT Milik Denny JA Laku Terjual Rp1 Miliar

Kamis, 22 April 2021 - 14:31 WIB
loading...
Lukisan NFT Milik Denny JA Laku Terjual Rp1 Miliar
Foto tangkapan layar pemberitahuan mengenai lukisan milik Denny JA berjudul A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas yang laku terjual di Opensea. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Lukisan berjudul A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas terjual dengan harga mencapai Rp1 miliar. Lukisan yang berupa karya Non-fungible token (NFT) tersebut terjual pada Rabu (22/4/2021)

Denny menjelaskan, lukisan itu sudah seminggu dilelang di Opensea, tempat lelang terbesar di dunia untuk karya digital NFT. Para kolektor, seniman dan peminat dari seluruh dunia dapat mengakses marketplace Opensea.

"Hingga tahun 2021, tersedia 4 juta karya yang dilelang di sana. Berbeda dengan tempat lelang bisa, dalam lelang opensea, segala hal dikerjakan berdasarkan blockchain technology, smart contacts," ujar Denny JA yang dikenal sebagai penulis buku dan konsultan politik ini dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2021).Baca juga: Platform NFT Diluncurkan, Untuk Layani Industri Mode, Seni, dan Musik

Lelang di Opensea dikatakannya tidak lagi melibatkan satu administrator manusia pun. Semua dikerjakan secara otomatis berdasarkan ketentuan smart-contracts.

Bulan April 2021 akan diingat sebagi momen bersejarah bagi seniman dan penggemar NFT di Indonesia. Untuk pertama kalinya, karya dari Indonesia dilelang dan laku di sana dengan harga 27.5 WETH.

Pada tanggal 22 April 2021, harga 1 WETH naik turun antara Rp 36 juta - Rp 37 juta ini setara dengan nilai sekitar 1 milyar rupiah.

Sekadar informasi, lukisan berjudul A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas sungguh unik. Lukisan ini disusun berdasarkan 102 sampul buku yang ditulis Denny JA selama 40 tahun berkarya.Baca juga:Cuitan Elon Musk dan Bos Twitter Dibeli Jutaan Dollar, Ini Fakta Soal NFT

Awalnya karya ini milik pelukis Galam Zulkifi. Dia melukis dua wajah Denny JA. Pelukis Galam membuat lukisan itu dalam rangka ikut merayakan tahun 2021 sebagai 40 tahun Denny JA berkarya.

Karya pelukis Galam Zulkifli sudah dibeli oleh studio Denny JA. Oleh Denny JA, lukisan itu diubah ke bentuk NFT, bentuk seni yang kini sedang trend bersama hangatnya dunia chryptocurrency.

Dunia NFT tak lagi asing bagi Denny JA. Awal bulan april ini juga, tweet dari akun Denny JA (DennyJA_World) laku 100 juta, juga dalam lelang NFT.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0978 seconds (10.55#12.26)