Ke Tokyo Temui Menhan Jepang, Prabowo Realisasikan Kunjungan Panglima TNI

Senin, 29 Maret 2021 - 15:51 WIB
loading...
Ke Tokyo Temui Menhan Jepang, Prabowo Realisasikan Kunjungan Panglima TNI
Prabowo dan Nobuo Kishi membahas upaya peningkatan kerja sama pertahanan, di antaranya merealisasikan kunjungan Panglima TNI ke Jepang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan dengan Menhan Jepang H.E. Nobuo Kishi di Tokyo, Jepang, Minggu (28/3/2021). Pertemuan tersebut merupakan pertemuan tatap muka pertama keduanya setelah beberapa waktu lalu sempat melakukan pembicaraan secara virtual.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menhan saling bertukar pandangan mengenai isu-isu keamanan regional dan kerja sama pertahanan. Kemudian, Indonesia-Jepang menegaskan kembali upaya memperkuat hubungan bilateral.



"Prabowo menyampaikan pandangannya, mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara, serta menegakkan supremasi hukum dalam menangani setiap sengketa," tulis Kemhan melalui keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Dalam pertemuan ini, menhan kedua negara membahas upaya peningkatan kerja sama pertahanan, di antaranya, merealisasikan kunjungan Panglima TNI ke Jepang, melaksanakan dialog military to military, melanjutkan konsultasi kerja sama alutsista dan teknologi guna mengembangkan secara spesifik projek.



Selanjutnya, Indonesia dan Jepang sepakat menyelenggarakan latihan bersama bilateral dan mendukung kerjasama dan partisipasi Japan Self-Defense Forces (JSDF) dalam latihan multilateral “Komodo”. Kemudian, mempromosikan lebih lanjut kerja sama di bidang High Availability and Disaster Recovery, termasuk dalam penanggulangan Covid-19.

Prabowo dan Kishi juga membahas situasi di Myanmar dan mengekspresikan keprihatinan yang mendalam atas situasi saat ini. Mereka bedua menegaskan niat kedua negara untuk bekerja sama secara erat dalam masalah ini.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)