Kamrussamad: Di Gerindra Dinamikanya Terkontrol, Nuansanya Demokrasi Terpimpin

Sabtu, 27 Maret 2021 - 13:07 WIB
loading...
Kamrussamad: Di Gerindra Dinamikanya Terkontrol, Nuansanya Demokrasi Terpimpin
Politikus Partai Gerindra Kamrussamad mengakui Prabowo adalah pemimpin utama di partaunya sekaligus tokoh dalam menjaga kepercayaan rakyat. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Kamrussamad mengungkap bahwa Partai Gerindra pun regenerasi sangat penting, terbukti dengan dilakukannya kaderisasi dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi fokus dari Ketua Umum (Ketum) sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang dipercaya kader atas kepemimpinannya.

Leadership, kepemimpinan Pak Prabowo membawa suatu prestasi dan mendpaat kepercayaan rakyat, atas dasar itu, dari kongres ke kongres, kader memberikan kepercayaan beliau untuk memimpin partai karena ada tren positif kepercayaan rakyat,” kata Kamrussamad dalam diskusi Polemik MNC Trijaya yang bertajuk Senjakala Regenerasi Parpol, Sabtu (26/3/2021).



Menurut anggota Komisi XI DPR ini, Gerindra menjadikan Prabowo sebagai pemimpin utama sekaligus tokoh dalam menjaga kepercayaan rakyat. Namun, dalam mengelola organisasi, dibagi dalam beberapa badan, ada badan seleksi, proses evaluasi, ada juga penghargaan yang diberikan kepada Ketua DPC maupun DPD yang berhasil mencapai target baik dalam Pemilu ataupun Pilkada.

“Dinamikanya relatif terkontrol, nuansanya demokrasi terpimpin kalau di Gerindra, sarana pengambilan keputusan ada di Dewan Pembina,” terangnya.

Namun demikian, kata Kamrussamad, bukan berarti pengkaderan tidak terjadi di Gerindra. Untuk mempersiapkan Pemilu 2014 misalnya, Gerindra sudah melakukan sistem perngkaderan sejak 2010 sampai 2012, di mana dibuat kamp besar di Bogor dan diwajibkan bagi ketua, sekretaris dan bendahara sampai ke tingkat PAC untuk ikut. Mereka menjalani program ini selama 7 hari 7 malam.

“Proses itu tiga tahun yang memperkuat infrastruktur kita menghadapi 2014, sehingga kenaikan dari 2009 ke 2014 itu lebih dari 100 persen karena infrastruktur organisasi, kesiapan SDM kader di tingkat PAC itu makin kuat, karena ada kesamaan visi, kesmaaan pandangan,” papar Kamrussamad.



Karena, sambung dia, investasi Prabowo di Partai Gerindra adalah SDM-nya. Bahkan, Prabowo sendiri yang menyiapkan hal terkecil sekalipun, dari kaos kaki hingga susu yang diminum oleh setiap kadernya untuk dipersiapkan sebagai pengurus dan juga jabatan lainnya atas kepercayaan masyarakat.

“Beliau investasi terbesarnya di SDM, mulai dari kaos kaki, sepatu sampai topi sampai minum susu beliau yang siapkan. Jadi concern beliau penegmbangan SDM di Partai Gerindra. Bukan hanya menjadi pengurus partai tapi next akan menjadi orang-orang yang akan dipercaya oleh masyarakat di tempat-tempat pengabdian baru,” ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)