Sentra Vaksinasi Dinilai Percepat Program Indonesia Sehat

Rabu, 17 Maret 2021 - 11:00 WIB
loading...
Sentra Vaksinasi Dinilai Percepat Program Indonesia Sehat
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan demi mempercepat program Vaksinasi Nasional Covid-19 untuk segera mewujudkan Indonesia Sehat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rencana pembuatan sentra vaksinasi di beberapa daerah dinilai mempercepat program vaksinasi nasional dan program Indonesia Sehat.



Apalagi kata dia, vaksin yang sudah diproduksi harus secepatnya digunakan untuk menghindari masa kadaluarsa, sehingga pelaksanaan vaksinasi sebaiknya dilakukan secara serentak dan lebih massif lagi.

"Harusnya idealnya kebijakan seperti itu atau pelaksanaan itu bersifat massif terjadi juga di tempat lain, jadi itu memang bisa mempercepat manakala itu dilakukan secara sinergis," ujarnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan sentra vaksinasi yang di Istora Senayan, Jakarta terlaksana atas sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan dan Pemda DKI yang menargetkan kalangan lanjut usia itu perlu ditiru oleh Pemerintah Daerah lainnya.

"Jadi model-model seperti itu yang dilakukan oleh Erick Thohir ini menjadi contoh di lingkup-lingkup lain, ditempat-tempat lain," ungkapnya.

Selain itu dia menyarankan, untuk memperketat pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan vaksinasi agar kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan secara optimal.

"Selalu dilakukanlah evaluasi terhadap sentra-sentra yang memang nantinya akan diterapkan dibeberapa wilayah karena selama ini kan kita kadang terlalu berinovasi di kebijakan tetapi kemudian karena lemahnya dalam evaluasi yang terjadi sering berjalan lamban," pungkasnya.

Sekadar diketahui sebelumnya, Erick Thohir menjelaskan adanya sentra vaksinasi diharapkan akan memberikan percepatan vaksinasi di Indonesia. Kata Erick, percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia sehat segera mungkin.

Saat ini sentra vaksin akan difokuskan kepada target masyarakat lanjut usia (lansia). Selain lansia, target vaksinasi pada tahap kedua ini juga dilakukan kepada pekerja di sektor publik. Ditargetkan dari sentra vaksinasi tersebut akan dilakukan 5.000 vaksinasi per hari. Vaksinasi akan dilakukan setiap hari selama 4 bulan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)