Demokrat Tegaskan Semangat Dorong Revisi UU Pemilu Tidak Redup

Kamis, 11 Februari 2021 - 13:31 WIB
loading...
Demokrat Tegaskan Semangat Dorong Revisi UU Pemilu Tidak Redup
Anggota Komisi II DPR dari Partai Demokrat, Ahwar Hafid. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat menegaskan semangat untuk mendorong adanya revisi Undang-Undang (UU) Pemilu tidak meredup.

Partai berlambang bintang mercy itu tetap akan terus dilakukan sebagai garis perjuangan. “Justru partai Demokrat, utamanya anggota fraksi partai Demokrat di Komisi II masih tetap setia pada garis perjuangan akan pentingnya melakukan revisi undang-undang pemilu seperti sikap semula," tutu Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/2/2021).

Hafid membeberkan alasan partainya mendorong revisi UU Pemilu, yakni persoalan kemanusiaan. Jika pilkada digelar pada 2024 bersama dengan pemilu presiden dan pemilu legislatif maka beban penyelenggara semakin besar.

"Layaknya Pemilu 2019 di mana banyak dari penyelenggara meninggal dunia dan jatuh sakit serta persoalan kualitas demokrasi dimana pemilih akan mengalami kebingungan dengan banyaknya jumlah kertas suara dan calon pada semua tingkatan," tuturnya.

Dia juga menyinggung tentang konsekuensi dari keserentakan pemilu jika pemilu reguler 2022-2023 akan digelar serentak pada 2024 yang hampir pasti akan diisi oleh pejabat sementara dan pelaksana tugas kepala daerah.

"Yang sudah pasti hanya menguntungkan sekelompok elite kekuasaan politik yang sedang berkuasa," ujarnya.

Hafid juga mengkonfirmasi kepada Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia terkait pemberitaan yang seolah-olah seluruh kelompok fraksi (poksi) di komisi II menolak melakukan revisi UU Pemilu.

Melalu pesan WhatsApp, Hafid menanyakan itu langsung ke Doli. Dalam jawabannya, Doli menegaskan tidak pernah menyebutkan seluruh poksi mendukung revisi UU. Doli mengatakan, sebagian poksi sepakat. Sementara Demokrat dan PKS masih ingin UU Pemilu direvisi.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)