Menuju Kursi Kapolri, Ini Deretan Tantangan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:39 WIB
loading...
Menuju Kursi Kapolri, Ini Deretan Tantangan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo selangkah lagi akan menduduki kursi Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo selangkah lagi akan menduduki kursi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. Sebagai calon tunggal yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Rabu (20/12021), Kepala Bareskrim Polri itu akan menjadi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyakini, dalam fit and proper test ini, langkah Listyo Sigit Prabowo akan mulus. Pasalnya sejauh ini, tidak ada suara-suara penolakan terhadap Sigit dari fraksi-fraksi di DPR. "Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR hingga nanti menjadi Kapolri baru," ujar Ujang Komarudin, dikutip dari channel Youtube, @Ujang Komarudin Channel, Rabu (20/1/2021).

Namun menurut Ujang, sebagai Kapolri baru, Listyo Sigit akan menghadapi beberapa tantangan yang tidak mudah, baik tantangan dari internal Polri dan juga pihak eksternal. "Tantangan pertama datang dari internal. Internal kepolisian harus diperbaiki dan direformasi. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi saya melihat banyak friksi, banyak office politiknya, banyak intrik politiknya," terang Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini. Menurut Ujang, tantangan internal ini harus diselesaikan secara smooth dan elegan. Terlebih, Listyo Sigit Prabowo melewati banyak jenderal senior di internal Polri. "Ini harus diselesaikan dengan elegan agar persaingan antar angkatan di internal Polri tidak terjadi," tambahnya.

Menuju Kursi Kapolri, Ini Deretan Tantangan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo


Tantangan berikut datang dari eksternal. Sejumlah persoalan kebangsaan menanti untuk diselesaikan oleh Kapolri baru, mulai dari persoalan keamanan, penegakan hukum yang banyak mendapat sorotan, ekstremisme dan terorisme, pelanggaran HAM, korupsi dan lain-lain. "Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih," tutupnya. abdul rochim
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)