Vaksinasi Upaya Lindungi Masyarakat

loading...
Vaksinasi Upaya Lindungi Masyarakat
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah (tengah). Foto/SINDOnews/Maman Sukirman
JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mencanangkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Rumah Sakit Dadi, Kamis (14/1/2021).

Pencanangan ini menjadi tonggak awal program percepatan vaksinasi di bagi warga Sulsel. Untuk Sulsel memperoleh jatah vaksin sebanyak 66.640 yang didistribusikan ke Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjadi orang pertama yang mendapat vaksin Sinovac. Sementara, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang sedianya mendapat vaksin pertama batal dikarenakan istrinya menderita Covid-19.

Batalnya pemberian vaksin tersebut merujuk pada syarat vaksinasi, di antaranya termasuk apakah penerima pernah terkonfirmasi positif atau penyintas, wanita hamil, mengalami penyakit saluran pernapasan selama tujuh hari terakhir. Ataupun ada keluarga serumah yang kontak erat atau positif ataupun dalam perawatan Covid-19, ada penyakit kelainan darah, jantung, ginjal dan pencernaan.



Baca juga: Pelonggaran Pembatasan Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Disetujui Satgas Covid-19

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, vaksinasi adalah solusi untuk memotong mata rantai Covid-19, sehingga dapat melindungi masyarakat dari penyakit tersebut.

Bupati Bantaeng dua periode ini menjelaskan, penggunaan vaksin Sinovac di Indonesia telah melalui proses uji klinis dan juga telah memiliki izin penggunaan dari BPOM berupa sertifikat penggunaan Darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA), dan sertifikat halal dari MUI.



"Saya ingin jelaskan pada kita semua. Bahwa niat baik pemerintah untuk mengadakan vaksin ini tujuannya satu, adalah melindungi masyarakat. Saya yakin tidak ada pemerintah yang mau merusak masyarakatnya," ujar usai melaunching program vaksin perdana Sulsel, kemarin.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top