Menaker Positif Covid-19, Total Sudah 4 Menteri Jokowi Terpapar Virus Corona

Kamis, 03 Desember 2020 - 19:24 WIB
loading...
Menaker Positif Covid-19, Total Sudah 4 Menteri Jokowi Terpapar Virus Corona
Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia sejak Maret 2020. Sudah empat menteri di Kabinet Jokowi-KH Maruf Amin yang terpapar virus tersebut. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia sejak Maret 2020. Artinya hingga hari ini terhitung sudah sembilan bulan wabah tersebut bercokol di Tanah Air. Dalam perjalanannya, virus ini menyerang manusia tanpa pandang bulu. Bahkan sederet pejabat negara turut terinfeksi wabah ini. (Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Positif Covid-19)

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, mengatakan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan amat diperlukan untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Di antaranya menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Angkie menuturkan, pemerintah juga selalu bersikap terbuka bila ada pejabat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, ia berharap masyarakat tidak memberi stigma negatif terhadap orang yang terinfeksi virus tersebut. (Baca juga: Rekor! Hari Ini Kasus Covid-19 Bertambah 8.369, Papua Penyumbang Tertinggi)

"Pemerintah selalu memberikan informasi kepada masyarakat perihal pejabat yang terkonfirmasi positif, tapi diharapkan untuk masyarakat tidak memberi stigma negatif kepada para pejabat yang terkonfirmasi positif," ucap Angkie usai memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis (3/12/2020). (Baca juga: Bibit Vaksin Merah Putih dari 6 Lembaga Penelitian Diharapkan Selesai Tahun Depan)

Berdasarkan catatan MNC Media, setidaknya ada empat menteri di Kabinet Indonesia Maju yang telah terinfeksi virus corona. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Menhub Budi Karya

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkonfirmasi positif virus Covid-19. Hal itu disampaikan ke publik setelah pemerintah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Menteri KP Edhy Prabowo juga terkonfirmasi positif Covid-19. Edhy dinyatakan terinfeksi wabah tersebut di saat sedang bertugas menjalankan agenda kenegaraan. Edhy mulanya di bawa ke RS Polri lalu kemudian dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto.

3. Menteri Agama Fachrul Razi

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus corona Covid-19. Namun, saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik. Kabar tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal dalam keterngan tertulisnya. "Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, Alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” terang Kevin di Jakarta, Senin (21/9/2020).

4. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dinyatakan positif terkena virus corona (Covid-19). Kabar politikus PKB itu positif Covid dibenarkan Kepala Seksi Pemberitaan Humas Kemnaker Dicky Risyana. "Betul (Ibu Menteri Ketenagakerjaan Positif covid-19)," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (3/12/2020).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)