Menteri PANRB Ungkap Perubahan Positif Pelayanan Korlantas Polri

Jum'at, 27 November 2020 - 15:30 WIB
loading...
Menteri PANRB Ungkap Perubahan Positif Pelayanan Korlantas Polri
Menpan RB Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional TA 2020, secara virtual, Kamis (26/11/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Tjahjo Kumolo menyatakan, banyak perubahan positif yang dilakukan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia ( Korlantas Polri ) terutama dalam pelayanan publik.

(Baca juga: Satgas Covid-19: Pastikan Tidak Terjadi Penumpukan dan Kerumunan di TPS Pilkada)

Hal ini dikatakan Menteri Tjahjo saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional TA 2020 dengan tema Pelayanan Prima di Era Digital Menuju Indonesia Maju, secara virtual, di Jakarta, Kamis 26 November 2020.

(Baca juga: Sudah Ada Tersangka, 5 Pejabat Swasta Diperiksa KPK Terkait Korupsi Stadion Mandala)

Tjahjo mengapresiasi layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di berbagai Polres yang sudah menerapkan sistem digital. Penerapan sistem digital itu adalah salah satu implementasi reformasi birokrasi di lingkungan Kepolisian.

"Pelayanan Samsat banyak sekali perbaikan, ada samsat online, perpanjangan SIM dalam hitungan menit, penerbitan SIM Internasional diantar ke rumah, semua bertumpu pada peningkatan pelayanan publik," kata Tjahjo Kumolo.

Menurutnya, sesuai dengan fokus visi misi Presiden yaitu reformasi birokrasi yang bertumpu pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Kemenpan RB melihat kebutuhan struktur organisasi Korlantas ini perlu dikembangkan untuk mengantisipasi kebutuhan dan melayani publik secara lebih baik lagi.

"Saat ini jumlah anggota Korlantas 45.000 orang namun idealnya harus mencapai 60.000 orang untuk dapat benar-benar memberikan pelayanan publik yang baik," ucapnya.

Sebelumnya Kapolri Jendral Pol Idham Azis yang membuka Rapat Koordinasi tersebut juga menyampaikan apresiasinya kepada Korlantas Polri atas upaya-upaya yang dilakukan.

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada tim pembina Samsat atas program-program yang mendekatkan kepada masyarakat. Terima kasih juga kepada Kakorlantas dan jajaran atas inovasi yang telah dilaksanakan selama ini. Saya melihat betul-betul trennya itu menunjukkan arah yang sangat bagus," tutur Idham.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)