Bahaya Covid-19 di Keluarga, Lansia Harus Dapat Perlindungan Khusus

Jum'at, 06 November 2020 - 19:37 WIB
loading...
Bahaya Covid-19 di Keluarga, Lansia Harus Dapat Perlindungan Khusus
Kampanye 3 M melalui mural. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS Tonang Dwi Ardyanto menegaskan pentingnya saling menjaga, peduli, dan melindungi dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk di dalam rumah. Hal itu demi mencegah penyebaran viruscorona ( Covid-19 ) di lingkungan keluarga, khususnya anggota keluarga yang lanjut usia ( lansia ).

"Berdasarkan data keterpaparan Covid-19 pada kategori usia, mayoritas ada pada usia 19-45 tahun. Akan tetapi, jika dilihat dari angka kematian, paling banyak ada pada kategori usia di atas 60 tahun atau lansia . Ini harus menjadi perhatian kita semua, lansia yang termasuk kelompok rentan harus mendapatkan perlindungan khusus," kata Tonang dalam diskusi secara virtual, Jumat (6/11/2020).

Dalam kasus ini, kesadaran dari anggota keluarga yang lebih muda untuk menerapkan protokol kesehatan ternyata memberikan dampak positif yang cukup signifikan dalam penekanan angka penularan Covid-19 . "Lantaran itu, tugas bersama agar selalu saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M," ujar Tonang.

(Lihat Juga Foto: Pegawai di Lingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Ikuti Swab Test ).

Tonang menambahkan, terjadinya kasus konfirmasi kematian yang tinggi pada lansia disebabkan oleh faktor imunologi yang sudah melemah. Pada kasus lansia, terjadi respons imun yang cukup kuat. Akan tetapi, faktor usia dan penyakit bawaan (komorbid) menyebabkan imun pada lansia melemah dan tidak bisa melawan virus.

Berbeda dengan kasus pada anak, imun yang mereka miliki masih kuat sehingga bisa dengan berjalannya waktu melawan virus yang masuk ke tubuh mereka. "Inilah faktor yang mempengaruhi angka kematian pada kasus konfirmasi lansia cukup tinggi dibandingkan dengan usia di bawah 60 tahun," tandas dia.

( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)