Perpecahan Jadi Ujian Keluarga Amien Rais Selamatkan PAN

Jum'at, 08 Mei 2020 - 16:37 WIB
loading...
Perpecahan Jadi Ujian Keluarga Amien Rais Selamatkan PAN
Perseteruan keluarga Pendiri PAN, Amien Rais dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali memanas setelah putra Amien Rais, Hanafi Rais menyatakan mundur dari PAN dan juga anggota DPR. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Perseteruan keluarga Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali memanas setelah putra Amien Rais, Hanafi Rais menyatakan mundur dari PAN dan juga anggota DPR.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai hal ini menjadi ujian bagi keluarga Amien Rais untuk menyelamatkan PAN. Jika Amien Rais membentuk partai baru dan keluar dari PAN, keduanya diprediksi tidak akan lolos Senayan.

“Sebetulnya saat ini ujian buat Amien Rais dan keluarganya untuk menyelamatkan partai yang ia dirikan, pasti kan saat ini konstituen PAN terbelah,” ujar Hendri saat dihubungi SINDOnews, Jumat (8/5/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Hensat ini, apapun itu kondisinya, Amien Rais tetap menjadi salah satu tokoh sentral di PAN yang memiliki pengikut signifikan, baik kader PAN pendukung PAN di masyarakat hingga Anggota DPR serta kepala-kepala daerah.

“Jadi menurut saya langkah rekonsiliasi dibentuk terlebih dahulu dari pada membuat partai baru,” jelas Hensat.

Hensat memprediksi kalau Amien Rais nekat membuat partai baru maka suara PAN akan tergerus karena PAN dan partai baru itu harus bertarung dengan parpol yang lain. Sulit untuk mencapai parliamentary threshold 4% jika memang tidak ada kenaikan.

“Kalau prediksi saya bila Amien Rais bikin partai baru dan kemudian elektoral threshold ada dan lebih tinggi dari 4%. Itu dua-duanya bahaya tuh, bisa dua-duanya enggak lolos,” terangnya.

Soal kembali memanasnya hubungan kedua tokoh PAN ini, dia menduga pasti ada yang tidak sesuai dengan keinginan Amien Rais di PAN dan keinginan Zulhas di PAN sehingga kedua keinginan ini tidak bisa bertemu.

“Nah kalau menurut saya sih itu. Kalau saya lebih memilih supaya Amien Rais rekonsiliasi dan menyelamatkan PAN,” imbuh Hensat.

Namun yang paling penting juga, dia menambahkan, kubu Zulhas juga harus memiliki keinginan yang sama dengan Amien Rais untuk melakukan rekonsiliasi. Sebab kalau tidak sama, tidak akan ketemu sampai kapanpun.

“Jadi pertimbangannya itu, islah tetap jalan terbaik,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)