Sampaikan Mukadimah Partai Ummat, Amien Rais Pekikkan 'Allahu Akbar' dan 'Merdeka'

Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:20 WIB
loading...
Sampaikan Mukadimah Partai Ummat, Amien Rais Pekikkan Allahu Akbar  dan Merdeka
Amien Rais. Foto/Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official
A A A
JAKARTA - Tokoh Muhammadiyah M Amien Rais resmi mengumumkan nama partai barunya yakni Partai Ummat . Partai ini akan berjuang 'Tegakkan Keadilan' dan 'Lawan Kezaliman'

Kamis (1/10/2020) ini, Amien Rais melalui channel YouTube Amien Rais Official menyampaikan Mukadimah Partai Ummat. Amien mengatakan, Kitab Suci Al Qur'an mendorong umat beriman agar dalam mengarungi kehidupan di dunia mereka senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak. Pertama, melakukan Al Amru bil Makruf dan An Nahyu 'anil Munkar. "Yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan," kata Amien.

Kedua, lanjut Amien, menjalankan Al 'Amru bil Adli dan An Nahyu anidzulmi yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman. "Bila yang pertama bergerak lebih pada tataran personal, familial, dan komunal (level mikro), maka yang kedua bergerak pada tataran nasional (level makro) dan berkaitan erat dengan masalah kekuasaan," ujarnya.

( ).

Lanjut Amien Rais, sejarah umat manusia menunjukkan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal, tetapi sebaliknya pula hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

"Dengan memiliki sarana dan aparat yang lengkap serta kekuasaan yang paling besar, negara dapat melancarkan kezaliman politik, kezaliman ekonomi, kezaliman sosial, kezaliman hukum, bahkan kezaliman kemanusiaan. Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya. Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan umat, atau sebaliknya, sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat."

( ).

Pada akhirnya, lanjut Amien, segolongan umat manusia harus berikhtiar untuk menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman secara sistematik lewat perjuangan politik. "Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 , dan semua aturan demokrasi universal," tegas Amien.

"Akhirnya, iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Hanya kepada Allah kami menyembah, dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan. AllahuAkbar. Merdeka."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)