Puspitek Jadi Laboratorium Pusat Pengembangan Vaksin Merah Putih

Selasa, 08 September 2020 - 17:04 WIB
loading...
Puspitek Jadi Laboratorium Pusat Pengembangan Vaksin Merah Putih
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Puspitek akan menjadi laboratoriumpusat pengembangan vaksin Merah Putih. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan, akan dijadikan sebagai laboratorium pusat pengembangan vaksin Merah Putih Covid-19 . Adapun vaksin Merah Putih adalah vaksin Covid-19 buatan dalam negeri.

"Untuk mendukung vaksin Merah Putih, kebetulan kita punya fasilitas yang sudah siap di Serpong di Puspitek, yang akan kita jadikan sebagai laboratorium pusat pengembangan vaksin Merah Putih Covid-19," ujar Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR, Selasa (8/9/2020). (Baca juga: Kembangkan Vaksin Merah Putih, Pemerintah Siapkan Rp280 Miliar)

Dia mengungkapkan, semua peralatan dan tim bergabung di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan itu. "Sehingga setiap tim nanti juga selalu berinteraksi mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tim dan masing-masing platform," ujar Bambang Brodjonegoro yang juga sebagai ketua tim pengembangan vaksin Covid-19 ini. (Baca juga: Teguhkan Kemandirian dengan Vaksin Merah Putih)

Adapun anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pengembangan vaksin merah putih itu sebesar Rp280 miliar. Tidak hanya Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, pengembangan vaksin dalam negeri ini juga melibatkan sejumlah pihak, di antaranya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) Universitas Airlangga (Unair) serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sementara itu, proses pengembangan vaksin Merah Putih sejauh ini sudah mencapai 50%. LBM Eijkman sudah bisa mengamplifikasi gen sasaran dari bagian virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)