alexametrics

Darurat Virus Corona, Polri Gelar Operasi Khusus

loading...
Darurat Virus Corona, Polri Gelar Operasi Khusus
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal menyatakan, Polri menggelar operasi khusus guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia ini bersandi Operasi Aman Nusa Dua. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Mabes Polri menggelar operasi khusus guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia ini bersandi Operasi Aman Nusa Dua.

"Kapolri (Jenderal Pol Idham Azis) telah memberlakukan konsep operasi khusus kepolisian dengan sandi Operasi Aman Nusa Dua dalam rangka penanganan Covid-19 ini," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol M Iqbal, Senin (23/3/2020). (Baca j uga: Polri Bakal Bubarkan Paksa Masyarakat yang Masih Nekat Berkerumun)

Menurutnya, operasi tersebut telah digelar sejak 19 Maret kemarin hingga 17 April 2020 mendatang. Bahkan, operasi itu bisa diperpanjang berdasarkan situasi yang berkembang nantinya. Adapun semua jajaran Polda, Polres, dan Polsek di seluruh Indonesia pun telah melakukan apel operasi tersebut. "Operasi itu kepolisian di-back up TNI, Pemerintah Daerah, dan stakeholders lainnya, termasuk ormas. Semua bekerja sama untuk mementingkan keselamatan masyarakat," tuturnya. (Baca juga: Maklumat Kapolri Larang Massa Berkumpul, Pengamat Sarankan Sanksi Sosial dan Denda)

Dalam operasi itu, kata dia, Polri melakukan penegakkan hukum pada penyebar hoaks tentang virus Corona, penimbun bahan pokok dan masker, pemetaan wilayah rawan penyebaran Covid-19, dan membantu melakukan desinfeksi pada fasilitas umum dan publik.



Iqbal menambahkan, Polisi bakal mengawal dan mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19. Bahkan, Polri juga akan mencontohkan kepada masyarakat tentang penerapan kebijakan itu di lingkungan Polri, seperti pola hidup sehat, pemeriksaan suhu, desinfeksi di kantor kepolisian, penggunaan masker, hand sanitizer, dan menjaga social distancing.

"Tak sdikit kepolisian di daerah melakukan kreasinya untuk lakukan operasi kemanusiaan tersebut, seperti di Polda Sumbar dengan water canon nya patroli dan imbau desinfektan di semua ruas jalan dan perkantoran. Kemarin pun di ruas jalan di Jakarta juga desinfeksi, ini langkah konkret yang kami lakukan," katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak