Kronologi Terungkapnya Dua Kasus Baru Positif Corona di Indonesia

Jum'at, 06 Maret 2020 - 18:43 WIB
Kronologi Terungkapnya Dua Kasus Baru Positif Corona di Indonesia
Kronologi Terungkapnya Dua Kasus Baru Positif Corona di Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengumumkan dua kasus baru positif virus Corona di Indonesia. Dengan demikian saat ini sudah empat orang di dalam negeri yang terinfeksi virus asal Wuhan, China itu.Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, kasus baru ini merupakan hasil penelusuran kontak dekat dengan kasus positif Corona sebelumnya.

“Kita melakukan penelusuran, mencari, kemudian mengidentifikasi orang orang yang kontak dekat dengan dia yang pertama. Kasus nomor 1 dan 2,” kata Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). (Baca Juga: Breaking News: Kasus Positif Virus Corona Bertambah Jadi Empat Orang)

Dia mengatakan, setidaknya terdapat kurang lebih terdapat 80 orang yang berada satu tempat dengan kasus nomor 1. 80 orang ini terdiri atas tamu, pegawai orang-orang yang berada di sekitar itu yang mumungkinkan tejadi kontak.

“Dinas Kesehatan Jakarta, karena kejadiannya di Jakarta, kemudian dibantu Polri dan BIN, kemudian mengidentifikasi 80 orang ini,” tuturnya

Yuri mengatakan dari 80 orang tersebut ternyata jumlahnya semakin diperkecil menjadi 20 orang. Selanjutnya 20 orang ini ditelusuri lebih lagi seberapa dekat kontak dengan kasus nomor 1.

“Ternyata dari 20 (orang-red) ini oleh Dinas Kesehatan DKI bisa dikerucutkan lagi menjadi tujuh orang. Tujuhini yang kemudian kita bawa semuanya ke rumah sakit Saroso. Kemudian kita observasi dan isolasi masing-masing. Kemudian kita lakukan serangkaian pemeriksaan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, isolasi dilakukan karena tujuh orang ini memiliki gejala fisik yang mengarah ke influenza. Meskipun tidak ada satu pun yang menderita influenza berat.

“Influenzanya ringan, sedang saja. Jadi kalau panas tidak terlalu tinggi, pilek-pilek sedikit dan sebagainya. Kita mengadakan pemeriksaan. Tujuh orang ini tidak masuk saat hari yang bersamaan. Dari tujuh orang ini, kita dapatkan dua orang confirm positif yang kita sebut sebagai kasus nomor 3 dan kasus nomor 4,” katanya.

Sekadar informasi, sebelumnya kasus Corona menjangkiti dua orang warga Depok, Jawa Barat atau disebut kasus nomor 1 dan 2. Saat ini keduanya masih menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso.Penularan virus tersebut berasal dari warga negara Jepang yang menghadiri acara pesta dansa di Restoran Amigos, Kemang, Jakarta Selatan. (Baca Juga: Corona Masuk Indonesia, Ini Kronologi Tertularnya Dua Warga Depok)

(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4518 seconds (0.1#10.140)