Bakamla RI Pererat Sinergitas dengan Singapore Police Coast Guard

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:32 WIB
loading...
Bakamla RI Pererat Sinergitas...
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Ospla dan Komandan SPCG SAC Cheang Keng Keong serta jajaran berfoto di depan Kapal KN Pulau Dana di Pangkalan Singapore Police Coast Guard (SPCG). Foto-foto/SINDOnews/Dwi Sasongko
A A A
SINGAPURA - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia ( Bakamla RI ) terus menjalin hubungan baik dengan coast guard negara-negara tetangga di ASEAN. Pada Minggu (13/10/3024) Bakamla RI mengadakan kunjungan kehormatan ke Singapore Police Coast Guard (SPCG).

Hasil pertemuan disepakati untuk lebih mempererat dan memperkuat sinergitas antara Bakamla RI dan SPCG dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum (KKPH) di perairan antar kedua negara.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Ospla dan rombongan berangkat mengendarai KN Pulau Dana dari Batu Ambar pukul 11.00 WIB. “Coast Guard Singapura sudah datang ke Kantor Bakamla di Jakarta. Tapi mereka tidak membawa kapal. Ini kunjungan balasan. Kita membawa kapal. Ini menunjukkan keseriusan kita menjalin hubungan baik dengan mereka,” kata Irvansyah kepada SINDOnews di dalam KN Pulau Dana saat dalam perjalanan ke Singapura .

Perjalanan sekitar 2 jam, mereka tiba di Pangkalan SPCG di Singapura sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Begitu KN Pulau Dana bersandar, Komandan SPCG SAC Cheang Keng Keong bersama jajarannya sudah menyambutnya di dermaga.

Mereka menyambut rombongan Bakamla RI dengan penuh kehangatan. Hadir juga dalam kesempatan itu, Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo. Mereka kemudian bersama-sama menuju ke Kantor Pusat SPCG, Singapura.

Kegiatan pertemuan diawali dengan perkenalan masing-masing jajaran oleh Kepala Bakamla RI dan Komandan SPCG. Dari Bakamla RI, selain Kepala Bakamla, hadir juga Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla Andi Abdul Aziz, S.H., M.M.; Direktur Operasi Udara Maritim Laksma Bakamla Bambang Somantri, S.I.P., M.Si.; Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla.; Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Eka Satari; dan Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Bambang Trijanto.

Bakamla RI Pererat Sinergitas dengan Singapore Police Coast Guard

Pertemuan antara Bakamla RI dan Singapore Police Coast Guard berlangsung
hangat dan konstruktif. Hadir juga Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo.

Dari Singapore Police Coast Guard, selain Komandan SPCG SAC Cheang Keng Keong, ada juga sembilan pejabat lain. Di antaranya : Head Planning and Organisation Development SPCG, Robin Goh; Head Special Projects SPCG, Ahmad Najib; Commanding Officer Polcom SPCG, Sikhander Singh; dan Principal Master Mariner, Zaharain Ismail.

Pertemuan berlangsung sangat akrab dan penuh persahabatan. Dalam pertemuan itu, Kepala Bakamla Irvansyah mengapresiasi hubungan kedua lembaga selama ini sudah terjalin baik. “Semoga hubungan ke depan bisa dilanjutkan dengan lebih baik lagi,” ungkap Irvansyah.

Pada kesempatan tersebut, Komandan SPCG menyampaikan keinginannya untuk melakukan kunjungan atau port visit ke Jakarta yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang. Serta, Komandan SPCG turut berharap Bakamla RI bisa bergabung dalam latihan penanggulangan penyelundupan bersama SPCG yang juga akan dilaksanakan pada tahun depan.

“Tahun lalu, kita sudah menandatangani kesepakatan tentang pelatihan bersama dan tukar informasi. Ke depan hubungan bisa dijalin lebih baik lagi,” ungkap Head Planning and Organisation Development SPCG, Robin Goh.

Dia kemudian mengusulkan untuk naik kapal bersama beriringan kapal Bakamla RI dan Coast Guard Singapura dari Batam menuju ke Jakarta. Mendengar keinginan tersebut, Kepala Bakamla RI menanggapi secara positif serta membuka lebar peluang kerja sama yang ditawarkan oleh SPCG. Dengan banyaknya kerja sama yang dilakukan, merupakan bukti nyata bahwa Bakamla RI selaku Indonesia Coast Guard berhasil menjalin hubungan yang baik antar sesama Coast Guard di dunia.

”Naik kapal dari Batam ke Jakarta memakan waktu sekitar 48 jam. Jadi bagus juga, kita akan berlayar bersama,” ungkap Kepala Bakamla RI. Kegiatan dilanjutkan dengan makan malam bersama yang berlangsung dengan suasana kekeluargaan.

Jalin Kerja Sama Coast Guard ASEAN
Selain Singapura, Bakamla telah menjalin hubungan baik dengan sejumlah negara ASEAN. Bahkan, belum lama ini, kapal Bakamla RI sudah mengunjungi coast guard Vietnam. “Sebenarnya, saya mau berkunjung ke sana. Tapi mereka belum siap menerima saya. Jadwalnya belum cocok. Jadi gakpapa kapal kita dulu datang Vietnam, tapi saya belum pernah ke sana,” papar Irvansyah.

Selain itu, Bakamla RI juga telah mengadakan kunjungan kehormatan ke coast guard Filipina dengan membawa serta kapal Bakamla. Irvansyah mengungkapkan dalam pertemuan ASEAN Coast Guard telah muncul pemahaman bahwa tidak mungkin bisa menjaga keamanan laut di Kawasan Asia Tenggara tanpa ada kerja sama. “Pertemuan para coast guard itu kayak teman karena kita kan sipil. Kayak saudara. Ini peluang untuk ASEAN untuk semakin baik,” jelasnya.

Jika coast guard ASEAN bisa bersatu, hal tersebut bisa meminimalkan gangguan yang datang dari luar Kawasan. “Ya minimal mereka akan segan mengganggu wilayah ASEAN, jika kita bersatu,” tandas Irvansyah.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0773 seconds (0.1#10.140)