2 Jenderal Bintang 1 yang Bertugas di Kopassus, Sama-sama Jebolan Akmil 1997

Kamis, 10 Oktober 2024 - 06:37 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya dia menjabat Paban V/Bhakti TNI Ster TNI. Mutasi TNI itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Selama mengabdi di Korps Baret Merah Kopassus, abituren Akmil 1997 tercatat telah diterjunkan dalam berbagai operasi militer, di antaranya Operasi Tinombala pada tahun 2016, Satgas Teritorial Nanggala Nemangkawi TNI pada 2019, Wakil Kepala Operasi Nemangkawi 2019.

Karier militer Brigjen TNI Ahmad Fikri Musmar juga terbilang moncer. Berbagai jabatan strategis pernah didudukinya. Antara lain, Danyon 32/Kopassus, Dandim 0830/Surabaya Utara, Wadan Grup 3/Kopassus, kemudian Asintel Danjen Kopassus.

Dia kemudian dipercaya menjadi Wadan Sektor 2 Satgas Tinombala pada 2018 kemudian Dan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus, Dan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus. Dia selanjutnya dimutasi menjadi Pamen Denma Mabesad dalam rangka pendidikan Sesko TNI.

Lulus dari Sesko TNI, kariernya terus meningkat, dia diangkat menjadi Asintel Kasdam Iskandar Muda, kemudian Paban III/Tahwil Sterad, selanjutnya Paban V/Bhakti TNI Ster TNI hingga akhirnya Danpusdiklatpassus Kopassus sampai sekarang.

Begitu juga dalam bidang akademisi, dia merupakan prajurit Kopassus yang banyak mengikuti pendidikan militer. Antara lain, Sesarcabif, Dik PARA, Kursus Komando, Dik Free Fall dan Dik PARA Utama.

Selain itu, dia juga pernah mengikuti pendidikan Sandi Yudha, Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa), Dikreg Seskoad A-XLX Ta. (2012), Susdanyon, Susdandim hingga Dikreg Sesko TNI.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)