Jokowi Kenakan Kemeja Kuning Hadiri Munas XI Golkar, Sinyal Jadi Ketua Dewan Pembina?

Rabu, 21 Agustus 2024 - 20:37 WIB
loading...
Jokowi Kenakan Kemeja...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2024). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2024). Jokowi hadir mengenakan kemeja kuning, warna yang identik dengan Golkar.

Dari pantauan, Jokowi tiba di arena Munas XI Golkar sekitar pukul 19.30 WIB. Tampak pengawalan ketat terjadi saat mantan Gubernur Jakarta itu tiba.



Sorak sorai "Jokowi" menyambut kedatangannya di arena Partai Golkar. Mantan Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kertasasmita turut menyambut Jokowi.

Tampak pula pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus hadir di lokasi seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Kemudian Waketum PKB Jazilul Fawaid, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboebakar Alhabsy, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Terlihat juga Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka juga hadiri Munas IX Golkar.

Sekadar informasi, Ketua Steering Committee (SC) Munas Adies Kadir mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpeluang menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar. Jabatan Dewan Pembina akan diusulkan oleh forum dan ketua umum (ketum) terpilih dalam Munas Golkar.

Adies menjelaskan jabatan ketua dewan pembina termasuk ketua dewan etik, dewan pakar, dewan penasihat, dewan kehormatan tidak harus dari kader partai.

"Kalau dewan pembina ini biasanya adalah kader-kader Partai Golkar yang sudah senior biasanya begitu memang tidak ada eksplisit dalam AD/ART itu apakah boleh orang luar atau tidak itu tidak ada," kata Adies di JCC, Jakarta Selasa (20/8/2024).

"Tetapi kebiasaan di Partai Golkar dari zaman dahulu sampai sekarang yang namanya dewan pembina yang dewan pertimbangan yang namanya dewan penasehat, dewan pakar itu ada pada senior-senior Partai Golkar sendiri. Kalau tidak ada dalam AD/ART sebenarnya sih boleh-boleh aja," sambungnya.



Lebih lanjut, nama Jokowi hingga kini belum masuk ke dalam usulan menjadi Ketua Dewan Pembina. Hal itu akan dibahas dalam Munas Golkar 2024 yang akan digelar hari ini 20 Agustus pukul 16.00 WIB hingga 21 Agustus 2024, besok.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)