Pesan Khusus Jokowi ke Supratman Andi Agtas Pengganti Yasonna Laoly

Senin, 19 Agustus 2024 - 12:07 WIB
loading...
Pesan Khusus Jokowi...
Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas telah dilantik menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas telah dilantik menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). Supratman dilantik menjadi Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

Supratman mengaku mendapatkan arahan khusus dari Presiden Jokowi, di antaranya terkait dengan reformasi di bidang hukum terutama yang berkaitan dengan tumpang tindihnya undang-undang. “Yang paling utama adalah melakukan reformasi di bidang hukum ya, terutama yang berkaitan dengan banyaknya tumpang tindih aturan di antara satu undang-undang dengan yang lain,” ujar Supratman.

Presiden Jokowi, kata Supratman, juga menginginkan adanya harmonisasi dan mengantisipasi adanya egosektoral. “Jadi Bapak Presiden menginginkan supaya itu dilakukan harmonisasi dan kemudian itu bisa mengintegrasikan. Sehingga tidak ada lagi nanti egosektoral yang diakibatkan karena tumpang tindihnya suatu peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.





Selain Supratman, Bahlil Lahadalia dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Rosan Perkasa Roeslani dilantik menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil Lahadalia yang digeser menjadi Menteri ESDM.

Jokowi juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo). Pelantikan Bahlil, Supratman, dan Rosan sebagai menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Ada juga Keputusan Presiden Nomor 52M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan 2019-2024.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)