Ekosistem Terbarukan Dinilai Penting demi Keberlanjutan Lingkungan

Senin, 19 Agustus 2024 - 09:12 WIB
loading...
Ekosistem Terbarukan...
Saat ini dunia menghadapi tantangan besar dalam transisi energi bersih dan keberlanjutan lingkungan. Hal ini dikatakan CEO Adcorp Grup, Adhia Absar Arryman. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini, dunia menghadapi tantangan besar dalam transisi menuju energi bersih dan keberlanjutan lingkungan. Misi dunia terus dilakukan dalam upaya mengurangi emisi karbon dan mengatasi perubahan iklim.

Upaya ini dilakukan melalui inovasi dalam bidang energi dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) menjadi kunci utama yang tertuang dalam komitmen net zero emission 2050.

Salah satu pelopor dalam inisiatif ini adalah Anugrah Duta Corporation (Adcorp), sebuah brand holding company yang bergerak pada penciptaan ekosistem energi hijau, fokus pada industri panel surya terintegrasi.

Grup CEO Adcorp, Adhia Absar Arryman mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam bisnis yang berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia.

"Melalui pemanfaatan energi hijau dan pengolahan sumber daya alam yang bertanggung jawab, dan berupaya menciptakan ekosistem energi hijau fokus pada industri panel surya terintegrasi dari hulu ke hilir," kata Adhia, Senin (19/8/2024).

Menurut Adhia Absar, untuk mewujudkan visi hilirisasi agar mencapai Green Growth, penting bagi Indonesia untuk memperkuat industrialisasi dari hulu dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada.

"Dan berkolaborasi dengan negara-negara yang kuat di industri hilirnya, sehingga tercipta satu konsorsium untuk menciptakan produk-produk kebutuhan masa depan dunia," jelasnya.

Kata dia, Indonesia dengan kekayaan sumber daya yang luar biasa sudah harus mulai berdikari, membangun dan memperkuat industri pengelolaan sumber daya alamnya.

"Menciptakan nilai tambah yang semaksimal mungkin agar dapat menjadi produk rantai pasok yang siap digunakan bagi industri tengah dan hilir. Sehingga manfaat dari nilai tambah ini dapat dirasakan semaksimal mungkin oleh Bangsa Indonesia," jelas Adhia.

Dijelaskan Adhia, industri panel surya terintegrasi yang sedang dikerjakan oleh pihaknya yang memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan energi bersih di Indonesia dan di dunia.

Dengan memproduksi panel surya buatan Indonesia, Adcorp berkomitmen untuk memenuhi ketentuan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 60 persen dan mendatangkan investasi asing untuk mendorong pertumbuhan sektor energi terbarukan.

"Dengan menciptakan ekosistem energi hijau dan industri panel surya terintegrasi, kami berupaya untuk berkolaborasi seluas-luasnya dan mengoptimalkan daya upaya baik di teknologi maupun investasi luar negeri dari segala sektor mulai dari hulu ke hilir," tuturnya.

"Dimulai dengan industri pemurnian silika. Fokus utama saat ini adalah agar Indonesia dapat memiliki produk panel surya buatan dalam negeri dengan TKDN semaksimal mungkin dari sumberdaya kita sendiri dan meminimalisir ketergantungan impor bahan baku maupun bahan jadi," tutup Adhia.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)