Imam Besar Masjid Istiqlal Bakal Ajak Paus Fransiskus Lihat Terowongan Silahturahmi

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 12:32 WIB
loading...
Imam Besar Masjid Istiqlal...
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan bakal mengajak Paus Fransiskus melihat Terowongan Silaturahmi. Foto/SINDOnews/widya michella
A A A
JAKARTA - Masjid Istiqlal Jakarta siap menyambut kedatangan pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus pada 5 September 2024. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut Paus Fransiskus.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya telah mempersiapkan dengan matang. "Ada banyak persiapan yang kita lakukan dan karena ini sesuai dengan protokol berbagai pihak protokol Kepresidenan, protokol Roma-nya juga protokol Masjid Istiqlal sendiri dan juga katedral," katanya, Sabtu (3/8/2024).

Nasaruddin mengatakan, Paus Fransiskus dijadwalkan akan datang ke Masjid Istiqlal pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Acara akan digelar dalam tenda di depan Al Fattah yang berhadapan dengan Gereja Katedral sekaligus memperlihatkan Terowongan Silaturahmi.



"Jadi insya Allah sudah kita siapkan semuanya insya Allah September tanggal 5 pukul 08.00 kita sudah standby. Kita akan lakukan di sebuah tenda di depan antara Istiqlal dengan Katedral dan nanti Paus kita juga tunjukkan Terowongan Silaturahmi,"ucapnya.

Nasaruddin mengungkapkan acara sengaja digelar di halaman Al Fattah mengingat kondisi Paus Fransiskus yang sudah lanjut usia. Sehingga setiap harinya Paus menggunakan kursi roda.



"Paus setiap hari selalu menggunakan kursi roda meski sehat maupun sakit pakai kursi roda namanya sudah lebih 80 tahun, kita sudah siapkan semuanya. Kita berikan tenda di luar masjid tidak bisa naik ke atas. Tapi mereka sudah tahu bagaimana dalamannya melalui media,"katanya.

Hadir dalam pertemuan nanti para pemimpin dari berbagai agama. Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus akan menandatangani pernyataan kemanusiaan bersama Imam Besar Masjid Istiqlal di Jakarta.

"Saya nanti memberikan pernyataan bersama yang ditandatangani oleh dua saya dan dengan paus untuk pernyataan kemanusiaan insya Allah," tuturnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)