Pandemi Corona, Relawan Jokowi Minta Pemerintah Perkuat UMKM

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:06 WIB
loading...
Pandemi Corona, Relawan Jokowi Minta Pemerintah Perkuat UMKM
Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal MS. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal MS menilai dampak pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia sangat besar terhadap sektor ekonomi.

Pemerintah, kata dia, sebaiknya melakukan tindakan yang berbasis pada penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM untuk menggerakan ekonomi di masyarakat.

"Bantuan dalam bentuk barang sebaiknya dikurangi dan dialihkan dalam bentuk bantuan langsung tunai atau BLT, agar masyarakat dapat membelanjakan bantuan tersebut sesuai kebutuhan terkini mereka, yang sekaligus berdampak dalam menggerakkan UMKM di lingkungan mereka dan menjadi bagian dari masyarakat tersebut," ujar Darmizal Senin 24 Agustus 2020.

( )

Menurut dia, aksi ini sebaiknya diambil dengan cepat dan secara intens oleh pemerintah. Hal itu dilakukan agar situasi ekonomi yang tidak menguntungkan pada saat pandemi Covid-19 bisa diperbaiki.

"Jika pemerintah bisa memberikan dorongan bagi UMKM dan ekonomi masyarakat bisa bangkit. Maka hal tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Saya kira Bantuan Langusng Tunai (BLT) cocok sebagai pengganti bantuan pengganti," kata Darmizal.

( )

Menurut dia, pemerintah melalui Presiden Jokowi tentu mempunyai perangkat yang kuat untuk menggerakkan UMKM di Indonesia. Dengan kemauan dan keberpihakan terhadap masyarakat, hal tersebut tentu sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

"Jika pemerintah menemui hambatan birokrasi atau kapabilitas dari pengambil keputusan maka Presiden bisa mengambil langkah tegas. Presiden Jokowi pun bisa memilih perangkat pengganti yang lebih cepat dan mampu menjadi pengambil keputusan yang peka terhadap krisis dan berpihak pada masyarakat," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)