Profil Heddy Lugito, Ketua DKPP yang Bacakan Pemecatan Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Rabu, 03 Juli 2024 - 17:23 WIB
loading...
Profil Heddy Lugito, Ketua DKPP yang Bacakan Pemecatan Ketua KPU Hasyim Asyari
Ketua DKPP Heddy Lugito. Foto/https:/dkpp.go.id/
A A A
JAKARTA - Profil Heddy Lugito , Ketua DKPP yang membacakan putusan pemecatan Ketua KPU Hasyim Asy'ari diulas di artikel ini. Pria berlatar belakang wartawan ini pernah berkiprah sebagai komisaris di beberapa BUMN.

Diketahui, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan secara tetap Hasyim Asy'ari dari jabatannya sebagai Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Putusan dibacakan secara bergiliran oleh para anggota DKPP. Sementara, empat poin putusan DKPP langsung dibacakan Heddy Lugito yang memimpin sidang pembacaan putusan.

"Memutuskan, satu, mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya," ujar Ketua Majelis Sidang Heddy Lugito saat membacakan putusan Perkara Nomor 90-PKE-DKPP/V/2024 di Ruang Rapat Utama DKPP, Rabu (3/7/2024).

"Dua, menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asyari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Heddy.



Ketiga, Majelis DKPP juga meminta kepada Presiden untuk melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan

"Keempat, memerintahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini," pungkas Heddy.

Profil Heddy Lugito


Heddy Lugito lahir di Boyolali, 5 Juni 1960. Dia merupakan wartawan senior di tanah air dan mengawali karier di sebuah majalan pada 1987–1994.

Dikutip dari laman DKPP, lulusan Fakultas Satra Universitas Diponegoro Semarang ini juga aktif di berbagai organisasi atau serikat media. Pada tahun 2009–2017 menjadi Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat dan sebagai Sekretaris Jenderal Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Indonesia (2014 – 2018).

Sejak tahun 2021 sampai sekarang, Heddy mendapat amanah Anggota Dewan Penasihat Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Indonesia.

Heddy juga pernah menjabat sebagai komisaris di beberapa BUMN, antara lain Komisaris PT Pelindo 3 (Persero) pada 2015-2019.

Pada 2021, Heddy dipercaya sebagai Komisaris Independen PT Pertani (Persero). Kemudian sebagai Komisaris Independen PT Sang Hyang Seri (Persero). Dua hari setelah ditetapkan sebagai Ketua DKPP RI, Heddy mungundurkan diri sebagai Komisaris PT Sang Hyang Seri.

Heddy Lugito dilantik sebagai Anggota DKPP RI Periode 2022–2027 oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/9/2022). Secara aklamasi, Heddy yang merupakan anggota DKPP dari Unsur Masyarakat terpilih dan ditetapkan sebagai Ketua DKPP.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)
pixels