Ashabul Kahfi dan Arteria Dahlan Ditangkap Polisi Arab Saudi? Begini Faktanya

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:00 WIB
loading...
Ashabul Kahfi dan Arteria Dahlan Ditangkap Polisi Arab Saudi? Begini Faktanya
Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi buka suara mengklarifikasi kabar dirinya bersama Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan ditangkap oleh polisi Arab Saudi (Askar) karena dugaan penggunaan visa ilegal. Foto/Dok MCH 2024
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi buka suara mengklarifikasi kabar dirinya bersama Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan ditangkap oleh polisi Arab Saudi (Askar) karena dugaan penggunaan visa ilegal. Dia menegaskan bahwa tak ada penangkapan oleh askar.

"Saya ingin meluruskan tidak ada penangkapan dan tidak ada penahanan," kata Ashabul dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (16/6/2024).

Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR ini mengatakan, askar hanya memeriksa kelengkapan dokumen pada salah satu check point di Makkah. Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan saat dirinya hendak melakukan pemantauan pemondokan jemaah haji RI di Syisyah.

"Bahwa saya mengalami pemeriksaan di salah satu check point di Makkah saat saya melakukan pemantauan pemondokan di Syisyah," kata Ashabul.

Pemeriksaan itu, kata Ashabul, terjadi saat dirinya bersama mutowif hendak melintas salah satu check point. Kemudian, ia bersama mutowif diminta menepi dan ditanya tasreh terkait kegiatan mereka oleh askar.

Mutowif yang mendampingi Ashabul tidak bisa memperlihatkan paspor lantaran dokumen tersebut sedang dipegang tim travel untuk penerbitan nusuk. Ia mengungkapkan, mutowif hanya bisa menunjukkan fotokopi visa haji.

"Askar merasa tidak yakin dengan dokumen tersebut, sehingga proses pemeriksaan berlangsung lama. Saya mulai gelisah, kok lama banget ada apa," jelas Ashabul.

Ashabul pun kemudian turun dari mobil untuk mengetahui persoalannya dan memperlihatkan visa online. Setelah itu, pemeriksaan selesai dalam waktu satu menit. "Udah itu selesai, satu menit saja. Sudah selesai," imbuhnya.

Dia melanjutkan, pemerintah Arab Saudi memang memperketat pemeriksaan terhadap warga negara asing (WNA) selama musim haji, baik di Madinah maupun Makkah. Pemeriksaan dokumen itu, kata dia, merupakan hal yang biasa dan rutin.

Ashabul pun menghormati kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memperketat pemeriksaan terhadap WNA yang melintas dalam rangka mengantisipasi adanya haji ilegal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0784 seconds (0.1#10.140)
pixels