4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Jadi Wagub Lemhannas

Jum'at, 14 Juni 2024 - 05:50 WIB
loading...
4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Jadi Wagub Lemhannas
Eko Margiyono merupakan sosok Danjen Kopassus ke-30 yang saat ini menyandang pangkat Letjen TNI. Foto/Lemhannas
A A A
JAKARTA - Sebanyak empat sosok Letnan Jenderal (Letjen) TNI alias jenderal bintang tiga aktif merupakan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) . Berkarier cemerlang, mereka menduduki sejumlah posisi strategis saat ini.

Mereka ditugaskan ditempat yang beragam mulai dari Kementerian/Lembaga, Markas Besar TNI, dan Markas Besar TNI AD. Dalam kariernya keempat eks Danjen Kopassus ini pernah menduduki sejumlah jabatan penting.



Melihat usianya dan kemampuannya, bukan tak mungkin salah satu dari empat nama tersebut akan menyandang pangkat bintang empat alias Jenderal. Mengikuti jejak pendahulunya yang berhasil menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) seperti Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jadi Danjen Kopassus

1. Letjen TNI Eko Margiyono

4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Jadi Wagub Lemhannas


Eko Margiyono merupakan sosok Danjen Kopassus ke-30 yang saat ini menyandang pangkat Letjen TNI. Pria kelahiran Semarang 12 Mei 1967 ini menduduki jabatan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Dia mulai menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas sejak 22 Maret 2024. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah.

Eko Margiyono merupakan lulusan Akmil 1989 yang memiliki karier militer cemerlang di tubuh TNI. Dia merupakan lulusan Infanteri (Kopassus).

Selama berkarier di Kopassus, Eko Margiyono banyak menjalani medan penugasan penting, di antaranya di Timor-Timur, Papua, dan Aceh. Termasuk penugasan ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika.

Dalam perjalanan kariernya sebagai perwira TNI, Eko Margiyono telah menduduki sejumlah posisi penting di tubuh TNI. Karier Eko Margiyono mulai menanjak setelah menjabat Komandan Group A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada tahun 2010-2012.

Dua tahun kemudian, suami dari dr Retno Adiatik ini dipercaya menjadi Asops Kasdam Jaya pada 2012-2014. Setelah itu, Eko Margiyono mendapat amanah memimpin sejumlah Komando Resor Militer (Korem), yakni Danrem 061/Surya Kencana (2014), dan Danrem 033/Wira Pratama (2014-2015).

Tak lama mengomandoi Korem 033/Wira Pratama, Eko Margiyono terus menapak karier menjadi Waasops KSAD pada 2015-2017. Dari sini, Eko Margiyono mulai menduduki jabatan penting di tubuh TNI AD.

Pada tahun 2015, Eko Margiyono ditunjuk menjadi Kasdam Jaya hingga tahun 2017. Selanjutnya, pada 27 Oktober 2017, Eko Margiyono dipercaya menjabat Gubernur Akmil hingga 2018.

Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 196/III/2018, Eko Margiyono yang saat itu berpangkat Mayjen dipercaya menduduki posisi Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Madsuni. Setahun kemudian, dia dimutasi menjadi Pangdam Jaya.

Kariernya semakin bersinar ketika mendapat promosi menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-41 pada Juli 2020. Sekaligus mengantarkannya menyandang pangkat Letjen TNI.

Pada Mei 2021, Eko Margiyono lantas dimutasi menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito. Selanjutnya, dia diberi amanat menduduki jabatan Komandan Kodiklat TNI (Dankodiklat TNI) pada Januari 2023 dan akhirnya diangkat menjadi Wakil Gubernur Lemahannas tahun ini.

2. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Jadi Wagub Lemhannas


Berikutnya ada nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang merupakan Danjen Kopassus ke-31 dengan masa jabatan 25 Januari 2019 hingga 26 Agustus 2020. Dia saat ini menduduki jabatan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN).

Bertugas sejak 9 November 2023, Cantiasa ditunjuk menggantikan Letjen TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma yang memasuki masa pensiun. Karier tentara kelahiran Buleleng Bali tersebut cukup moncer.

Sebelum menjabat sebagai Waka BIN, Cantiasa adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD) dari 15 Mei 2023 hingga 9 November 2023. Pati TNI AD yang berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) ini juga pernah menduduki jabatan bergengsi lainnya.

Mulai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari. Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII/Cenderawasih sejak Desember 2017 hingga November 2018. Sebelumnya, ia juga menjabat Danrem 173/Praja Vira Braja dan Kasdam XVII/Cenderawasih.

Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Cantiasa juga tercatat sebagai siswa dengan karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014.

Cantiasa pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Merah Putih saat masih berpangkat Kolonel. Ia menjadi komandan dalam kegiatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)
pixels