Sandiaga Uno: Indonesia Peringkat Satu Destinasi Pariwisata Halal Terbaik Dunia

Sabtu, 08 Juni 2024 - 22:34 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Indonesia Peringkat Satu Destinasi Pariwisata Halal Terbaik Dunia
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Indonesia kini menduduki peringkat pertama sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia. Foto/SINDOnews/widya michella
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Indonesia kini menduduki peringkat pertama sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia.

"Kita sekarang nomor 1 untuk peringkat global muslim travel Sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia,"ucap Sandiaga usai melepas tamu haji Raja Salman, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Sandi mengatakan pihaknya kini tengah menjajaki kerja sama pariwisata dengan kerajaan Arab Saudi. Terlebih di musim haji 2024, sebab menurutnya masyarakat Arab banyak yang berlibur ke Indonesia.



Sebagai informasi tahun ini Indonesia mendapat 241.000 kuota terdiri atas 213.320 jemaah haji regular dan 27.684 jemaaah haji khusus. Jemaah haji reguler terbagi dalam 554 kelompok terbang yang akan diberangkatkan secara bertahap dalam 2 gelombang. Sandiaga berharap kekosongan tersebut dapat diisi dengan mendatangkan warga Arab Saudi ke Tanah Air untuk berlibur ke Indonesia.

"Kami sedang menjajaki kerja sama untuk juga mengisi kursi-kursi yang kosong yang jemaah haji (Indonesia) berangkat ke sana. Karena masyarakat Saudi banyak yang berlibur saat musim haji jadi kerja sama ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan tahun-tahun ke depan,"kata dia.



"Kita ingin di atas 100.000 tahun ini, karena 241.000 jemaah Indonesia di sana paling tidak setengahnya bisa terisi dan meningkatkan kunjungan wisata dari Saudi ke Indonesia,"sambungnya.

Sandiaga mengatakan, Indonesia tengah melakukan berbagai persiapan termasuk menyiapkan destinasi wisata favorit untuk ditawarkan kepada turis dari Arab Saudi.

"Ya karena kita belum mencapai angka kunjungan sebelum pandemi, jadi kita ada persiapan khusus termasuk penyiapan destinasi yang menjadi favorit.

Di mana destinasi favorit masih di duduki Bali sebagai posisi teratas. Ada juga destinasi wisata di provinsi Jawa Barat, Banten, Sumatera hingga Jakarta. "Sudah ada beberapa delegasi, fun trip masih sangat sedikit jumlahnya tapi kita harapkan terus meningkat,"ucapnya.

Selain itu, Indonesia kata Sandi juga akan menyiapkan kerja sama formal melalui Dewan Eksekutif UN tourism di Barcelona minggu depan. Sandiaga berharap kesepakatan akan dapat terealisasikan tahun depan.

"Kita berharap akan terjadi kesepakatan mulai tahun depan akan ada pengisian dari kursi-kursi yang kosong dengan wisatawan dari Saudi Arabia," tuturnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)
pixels