7 Kapolda Muda yang Saat Ini Aktif Menjabat, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1996

Sabtu, 08 Juni 2024 - 19:01 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya ada nama Irjen Pol Abdul Karim dalam jajaran Kapolda muda yang saat ini aktif menjabat. Polisi kelahiran Surabaya, 28 Februari 1974 itu kini menduduki jabatan Kapolda Banten.

Abdul Karim ditunjuk menjadi Kapolda Banten didasarkan surat telegram ST/2360/KEP./2023 yang terbit pada Oktober 2023. Lulusan Akpol 1995 itu menggantikan Irjen Rudy Heriyanto yang dipindah menjadi Pati Bareskrim Polri.

Dalam riwayatnya, Abdul Karim pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di kepolisian. Antara lain Kaur Bag Bangdik Ro Bangpers SDE SDM Polri, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kasubbid Sunluhkum Bidkum Polda Metro Jaya, dan Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Metro.

Lulusan Sesko TNI Dikreg XLVIII (2021) itu kemudian dipromosikan menjadi Kapolres Kutai Kartanegara, Kanit II Bagresmob Robinops Bareskrim Polri, Dirreskrimsus Polda Banten, dan Kapolres Metro Tangerang Kota. Selanjutnya Abdul Karim dipindah menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri, Wadirtipidkor Bareskrim Polri, dan Wadirtipidter Bareskrim Polri.

Karier Abdul Karim terus naik. Jebolan Sespimmen Polri Dikreg 50 (2010) itu ditugaskan Karokorwas PPNS Bareskrim Polri. Kemudian pada Oktober 2023, naik menjadi Kapolda Banten hingga saat ini.

3. Irjen Pol Suwondo Nainggolan

7 Kapolda Muda yang Saat Ini Aktif Menjabat, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1996

FOTO/WIKIPEDIA

Irjen Pol Suwondo Nainggolan juga termasuk Kapolda muda yang saat ini aktif menjabat. Polisi kelahiran Jakata, 26 April 1972 itu saat ini menempati kursi Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Penunjukkan Suwondo Nainggolan menjadi Kapolda DIY tercantum dalam Surat Telegram Nomor: ST/2224/X/KEP./2022 tertanggal 14 Oktober 2022. Lulusan Akpol 1994 itu menggantikan Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar dimutasikan sebagai Pati Polda DIY dalam rangka pensiun.

Suwondo Nainggolan memiliki karier cemerlang di kepolisian. Beberapa jabatan yang pernah diemban adalah Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, Kapolsek Metro Setiabudi, Kasat Reskrim Polres Metro Jakpus, dan Kasubdit V/Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Lulusan Akpol 1994 itu kemudian dipindah menjadi Pamen Polda Metro Jaya, Kasubdit I/Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kapolres Karimun, dan Wakapolresta Barelang.

Selanjutnya, lulusan Sespimti 2019 itu dimutasi menjadi Kasubdit V/Dittipidum Bareskrim Polri, Kasubdit I/Dittipidter Bareskrim Polri, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya, dan Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri. Suwondo naik jabatan menjadi Koorspripim Polri, Karobinkar SSDM Polri, Kakorbinmas Baharkam Polri, dan sejak Oktober 2022 promosi sebagai Kapolda DIY.

4. Irjen Pol Pipit Rismanto

7 Kapolda Muda yang Saat Ini Aktif Menjabat, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1996

FOTO/WIKIPEDIA

Kapolda muda yang saat ini aktif menjabat selanjutnya adalah Irjen Pol Pipit Rismanto. Polisi kelahiran Salatiga, 30 Desember 1972 itu kini menjabat Kapolda Kalimantan Barat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)