alexametrics

Perindo Rajai Seluruh Segmen Pemilih di Kluster Partai Baru

loading...
Perindo Rajai Seluruh Segmen Pemilih di Kluster Partai Baru
Perindo Rajai Seluruh Segmen Pemilih di Kluster Partai Baru. (Dok. SINDOnews).
A+ A-
JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru tentang pergeseran dukungan partai politik di enam kantong suara.
Hasilnya, Perindo merajai hampir seluruh segmen pemilih dalam kluster partai pendatang baru (lihat grafis).

Peneliti senior LSI Denny JA, Rully Akbar, mengatakan bahwa pemilih di Indonesia disederhanakan menjadi enam kantong suara, yakni kantong pemilih muslim, minoritas, milenial, wong cilik, emak-emak, dan kalangan terpelajar.

“Perindo sebagai partai baru mulai menggeliat, tidak hanya mengungguli partai baru, tapi juga sebagian partai lama,” kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, kemarin.



Menurut dia, Perindo bisa merajai aneka kantong suara dalam kluster partai baru lantaran figur ketua umumnya yakni Hary Tanoesoedibjo (HT) serta kekuatan korporasi media yang dimiliki.

Modal itulah yang kemudian dikapitalisasi menjadi kekuatan elektoral. “Perindo dengan Pak HT dan korporasinya punya kekuatan. Ini yang bisa membesarkan Perindo. Lalu, jejaring yang dibentuk Perindo cukup kuat dibanding partai baru yang lain. Perindo, partai baru yang punya jejaring hampir sama dengan partai lama lainnya,” ungkap Rully.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 18-25 Januari 2019, dengan menggunakan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan menggunakanmetode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8%.

Di deretan partai politik yang akan berlaga dalam Pileg 2019, hanya Perindo yang masuk 10 besar partai baru yang lolos ke parlemen. Posisi per tama dikuasai PDIP dengan perolehan suara 23,7% disusul Partai Gerindra 14,6%. Pada posisi ketiga, kata Rully, ditempati Partai Golkar dengan 11,3%, lalu PKB dengan 8,2%.

Sementara posisi kelima ditempati Partai Demokrat yang menjadi pemenang dalam Pileg 2009 dengan perolehan suara 5,4%. Di urutan selanjutnya yakni NasDem dengan 4,5%, lalu PKS 4%, Perindo dengan 3,6%, lalu PPP 3,5% dan PAN dengan 1,5%. Selanjutnya untuk Hanura, PSI, Garuda, Berkarya, PBB, dan PKPI angka dukungannya masih di bawah 1%.

Sementara yang masih belum memutuskan sebanyak 18,4%. “Nasdem memimpin partai lama di luar lima besar (PKS, PPP, PAN, Hanura, PBB, dan PKPI), sedangkan Perindo memimpin dan mulai menanjak meninggalkan partai baru lainnya (Garuda, Berkarya, dan PSI),” jelas Rully.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak