Tes Covid-19 Belum Merata, Satgas Minta Daerah Tingkatkan Kemampuan Lab

Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:37 WIB
loading...
Tes Covid-19 Belum Merata, Satgas Minta Daerah Tingkatkan Kemampuan Lab
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah tes Covid-19 antar daerah belum merata. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jumlah tes Covid-19 antar daerah hingga saat ini masih belum merata. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini daerah yang paling banyak jumlah tesnya adalah DKI Jakarta .

“Kami perlu sampaikan memang kapasitas di DKI cukup tinggi, cukup banyak. Mereka mampu melakukan tes sampai lebih dari 40.000 sepekan. Padahal mereka perlu tes standarnya untuk 10.000 untuk jumlah penduduk di Jakarta,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (18/8/2020). (Baca juga: Update Corona: Positif 143.043 Orang, 96.306 Sembuh dan 6.277 Meninggal)

Dia mengatakan jumlah tes sangat bergantung pada fasilitas dan jumlah sumber daya manusia (SDM) di masing-masing daerah. “ Ini terkait dengan jumlah laboratorium dan jumlah SDM yang ada,” tuturnya. (Baca juga: Di Hadapan KSAD dan Wakapolri, Anies Sebut Penanganan Covid-19 di Jakarta Berjalan Baik)

Dia pun mendorong seluruh daerah untuk bisa meningkatkan kemampuan laboratorium yang ada di masing-masing daerah. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi dengan laboratorium rujukan di pemda lain sekitarnya. “Tentunya upaya itu akan dilakukan terus menerus harapannya kapasitas bisa meningkat kolektif. Dan kelihatan dari ke waktu jumlah lab kita meningkat. Lantas selanjutnya adalah peningkatan tes dengan jumlah SDM yang perlu ditambah,” ujarnya. Dita angga
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)