Dua Kapolda Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

Minggu, 17 Maret 2024 - 17:52 WIB
loading...
Dua Kapolda Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus (kiri) dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menjadi Kapolda paling senior yang bertugas di Pulau Jawa. FOTO/DOK.POLRI
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Kapolda paling senior yang bertugas di Pulau Jawa . Senioritas ini diukur dari tahun lulus di Akademi Kepolisian (Akpol) atau Sepa Milsuk Polri.

Kapolda adalah singkatan dari Kepala Kepolisian Daerah yang bertugas memimpin pelaksanaan tugas Polri di wilayah tingkat provinsi dan bertanggung jawab langsung kepada Kapolri. Mereka yang mengemban jabatan tersebut adalah jenderal polisi bintang dua atau berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Saat ini ada enam Kapolda di Pulau Jawa. Mereka memimpin Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Polda Jawa Timur. Dari enam Kapolda, dua di antaranya paling senior. Siapa mereka?


2 Kapolda Paling Senior di Pulau Jawa

1. Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Dua Kapolda Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

FOTO/DOK.iNews

Kapolda pertama paling senior yang bertugas di Pulau Jawa adalah Akhmad Wiyagus. Polisi kelahiran 23 September 1967 itu kini menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Akhmad Wiyagus dikategorikan senior karena ia lulusan Akpol 1989. Saat ini, kebanyakan perwira tinggi yang menjabat sebagai Kapolda di Pulau Jawa merupakan lulusan Akpol 1990-an.

Sebelum menjabat Kapolda Jawa Barat, Akhmad Wiyagus bertugas sebagai Kapolda Lampung pada 2022 dan Kapolda Gorontalo pada 2020. Sebelum menjabat Kapolda, pria asal Tasikmalaya ini sempat menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat pada 2019 dan Wakapolda Maluku di 2018.

2. Irjen Pol Ahmad Luthfi

Dua Kapolda Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

FOTO/DOK.POLDA JATENG

Selanjutnya ada sosok Irjen Pol Ahmad Luthfi yang semenjak 1 Mei 2020 lalu ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Tengah. Sama seperti Irjen Akhmad Wiyagus, Irjen Luthfi juga merupakan lulusan Akpol 1989.

Berbeda dengan Akhmad Wiyagus yang merupakan lulusan Akpol, Ahmad Luthfi adalah lulusan dari Sepa Milsuk Polri. Dalam riwayat kariernya, pria asal Surabaya ini sempat menjabat sebagai Kapolres Batang dan Wadir Intelkam Polda Jateng di 2010.

Perwira Tinggi yang lahir pada 22 November 1966 ini juga pernah menjabat sebagai Kapolresta Surakarta pada 2015, Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri pada 2017, dan Wakapolda Jawa Tengah di 2018 sebelum akhirnya menjadi Kapolda Jateng di 2022.

Itulah dua Kapolda paling senior yang bertugas di Pulau Jawa. Dari sisi usia, Ahmad Luthfi lebih tua setahun dari Akhmad Wiyagus.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)