Danau Toba Jadi Pelopor Pengembangan Sport Tourism Indonesia

Senin, 04 Maret 2024 - 14:49 WIB
loading...
Danau Toba Jadi Pelopor Pengembangan Sport Tourism Indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat memberikan keterangan pers di Media Center F1Powerboat Danau Toba 2024 di kawasan Pelabuhan Maharaja Napitupulu, Balige, Provinsi Sumatra Utara, pada Minggu (3/3/2024). (Foto: istimewa)
A A A
BALIGE – Kesuksesan gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024 menjadi acuan daerah lain di seluruh Indonesia yang hendak mengembangkan wisata olah raga (sport tourism) internasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, acara sport tourism internasional dapat dikembangkan di daerah lain. Hal tersebut dia ungkapkan di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024 di kawasan Pelabuhan Maharaja Napitupulu, Balige, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (3/3/2024).

“Ini bisa dikembangkan di daerah lain agar bisa jadi destinasi sport tourism internasional,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan lain turut digelar bersamaan event F1 Powerboat Danau Toba 2024, salah satunya final lomba balap perahu tradisional Solu Bolon dan lomba Aquabike Nasional.

Kemudian, lomba lari marathon pegunungan (Trail Run) internasional di Kawasan Bukit Caldera Danau Toba yang telah mendapatkan restu dari Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) dan organisasi internasional pengampu lomba.

“Saya juga sempat mengunjungi bukit Caldera yang akan menjadi kegiatan dunia yang masuk ke agenda UTMB. Sekali lagi, Toba mendapatkan event-event kelas dunia yang bisa dicontoh daerah lain,” tuturnya.

Menambahkan Menpora, Direktur Pemasaran InJourney Maya Watono mengatakan bahwa F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan menjadi katalis dalam pengembangan ekonomi, khususnya di kawasan Danau Toba dan sekitarnya.

Bahkan, dia optimistis dampak di sektor ekonomi dan wisata yang dihasilkan dari event olahraga air (watersport) kelas dunia tersebut akan lebih besar dari penyelenggaraan di 2023.

“Ini akan meningkatkan Danau Toba ke depan sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang akan menjadi pilihan domestik dan internasional,” kata Maya.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rustam Efendi.

Kemudian, Direktur H2O Racing Raimondo di San Germano, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Maritim, Kemenkominfo Yudi Syahrial, serta tiga pemenang F1 Powerboat.
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)