Cerita Agus Gumiwang Mendadak Ditunjuk Jadi Mensos Gantikan Idrus

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 19:54 WIB
Cerita Agus Gumiwang Mendadak Ditunjuk Jadi Mensos Gantikan Idrus
Cerita Agus Gumiwang Mendadak Ditunjuk Jadi Mensos Gantikan Idrus
A A A
JAKARTA - Agus Gumiwang Kartasasmita mendadak jadi menteri. Sekretaris Fraksi Golkar itu ditunjuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Idrus Marham yang mundur karena ingin fokus menghadapi kasus hukum.

Agus dilantik jadi Mensos pada Jumat (24/8/2018) pukul 15.30 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus bercerita, penunjukan hingga pelantikan dirinya menjadi menteri berlangsung dalam hitungan jam. Cerita itu berawal pukul 11.45 WIB. Agus mendapat panggilan telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga lalu meminta Agus datang ke kantornya di Kementerian Perindustrian. Melalui telepon itu pula, Airlangga meminta Agus membawa stelan jas dan peci warna hitam.

"Pak Airlangga menyampaikan untuk saya siap-siap," ujar Agus usai dilantik.

Agus pun bergegas dan bersiap-siap. Sekitar pukul 13.00 WIB pihak Istana Kepresidenan menelepon Agus. Pukul 14.30 WIB, Agus ditemani Airlangga Hartarto tiba di Istana Kepresidenan. Kemudian dilantik menjadi Mensos pukul 15.30 WIB.

Agus mengatakan, pergantian Mensos yang begitu cepat berhubungan dengan Idrus Marham. Menurutnya, Kementerian Sosial merupakan kementerian strategis.

Bukan hanya ketika ada bencana, tetapi saat tidak ada bencana, kementerian ini juga sangat strategis. Sehingga presiden merasa perlu pengisian jabatan itu segera. "Jadi semuanya serba cepat," kata Agus.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)