Ganjar Usulkan Tokoh Ulama-Pejuang KH Syaikhuna Badruzzaman Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 06 Februari 2024 - 07:29 WIB
loading...
Ganjar Usulkan Tokoh Ulama-Pejuang KH Syaikhuna Badruzzaman Jadi Pahlawan Nasional
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkunjung ke Pondok Pesantren Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (5/2/2024). Foto: MPI/Devi Patricia
A A A
GARUT - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan mengusulkan dan memperjuangkan salah satu tokoh ulama besar yang juga pejuang kemerdekaan KH Syaikhuna Badruzzaman ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Hal ini disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Pondok Pesantren Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (5/2/2024).



"Tadi disampaikan setelah saya membaca sejarah Kiai Badruzzaman sebagai pejuang, maka tadi disampaikan bahwa Pak Ganjar ini pernah diusulkan menjadi pahlawan tapi belum lolos," ujar Ganjar.

Sosok KH Syaikhuna Badruzzaman mengarungi perjalanan hidupnya dalam rentang waktu 1900 sampai 1972. Dia melewati hidup dalam tiga zaman yaitu penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, dan masa Kemerdekaan Republik Indonesia.

Maka itu, KH Badruzzaman memiliki peran besar dalam melawan kedzaliman penjajah Belanda dan juga Jepang bersama pasukan Hizbullah yang dibentuknya. Dia juga turut berjuang merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui taktik khalwat dan hijrah.

Mendengar perjuangan tersebut, Ganjar menyampaikan kekagumannya pada perjuangan KH Badruzzaman sebagai seorang ulama yang juga pejuang membela agama, bangsa, dan negara.

Menurut dia, apabila seluruh proses verifikasi dilakukan, maka KH Badruzzaman bisa segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia. "Yang penting semua prosesnya dilakukan, verifikasinya bagus. Insya Allah tidak sulit," kata Ganjar.

KH Badruzzaman juga salah satu ulama yang pernah memimpin Ponpes Al Falah Biru Garut. Dia wafat pada tahun 1972 dan dimakamkan di sana. Hingga saat ini, makamnya sering didatangi peziarah dari seluruh daerah di Indonesia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5376 seconds (0.1#10.140)