Leni Sophia Dikukuhkan sebagai Guru Besar Wanita Pertama Bidang Geodesi Fisis di Indonesia

Selasa, 16 Januari 2024 - 16:40 WIB
loading...
Leni Sophia Dikukuhkan sebagai Guru Besar Wanita Pertama Bidang Geodesi Fisis di Indonesia
Prof Leni Sophia Heliani dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Geodesi Fisis. Foto/MPI/Kuntadi.
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) terus menambah guru besar. Kali ini Prof Leni Sophia Heliani yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Geodesi Fisis, pada Fakultas Teknik UGM .

Pengukuhan dilaksanakan di Balai Senat UGM, Selasa (16/1/2024). Prof Leni juga menjadi guru besar wanita pertama dalam bidang Geodesi Fisis. Kini dia satu-satunya guru besar wanita dalam bidang geodesi fisis di Indonesia. Sebelumnya guru besar Geodesi Fisis baru dijabat Prof Joenil Kahar dari ITB.

Di UGM, Prof Leni merupakan Guru Besar Geodesi kedua. Sebelumnyas sudah ada Trias Aditya Kurniawan Muhammad yang dikukuhkan pada 17 Januari 2023 lalu.

Baca juga: 10 Kampus Muhammadiyah dengan Jumlah Guru Besar Terbanyak, UMM Malang Nomor 1

“Capaian Guru Besar di Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik pada dasarnya adalah ketentuan Allah SWT dan atas dukungan dan pertolongan berbagai pihak yang sangat baik dan mulia,” tutur Leni.

Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul Geodesi Fisis Dalam Optimalisasi Penyediaan Informasi Geospasial Dasar Sebagai Referensi Pembangunan Berkelanjutan, Leni menjelaskan geodesi fisis merupakan bidang ilmu yang fokus untuk merepresentasikan bentuk dan ukuran bumi fisis dan variasinya seiring dengan waktu berdasarkan pada data gayaberat/praktisnya gravitasi.

Sementara, penentuan geoid merupakah salah satu kajian utama dalam bidang ilmu geodesi fisis selain juga mempelajari dinamika bumi berdasarkan data gayaberat.

Geoid sebagai bidang geopotensial merepresentasikan distribusi massa bumi sehingga dapat digunakan sebagai bidang referensi tinggi yang ideal dan nyata.

Baca juga: Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kehormatan Unair, Carina Dewi: Vaksin Kunci Hadapi Pandemi

Menurut dia, dalam pembangunan yang berkelanjutan memerlukan data dan informasi geospasial. Salah satunya adalah data dan informasi tinggi yang valid, akurat, konsisten, dan terintegrasi yang bisa direalisasikan dengan mengacu pada geoid yang akurat, seamless, dan konsisten di seluruh wilayah Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3552 seconds (0.1#10.140)