Kenang Rizal Ramli, JK: Walau Sering Berbeda Pendapat, Tetap Bersahabat

Rabu, 03 Januari 2024 - 13:26 WIB
loading...
Kenang Rizal Ramli, JK: Walau Sering Berbeda Pendapat, Tetap Bersahabat
Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) bercerita tentang sosok Rizal Ramli. Foto/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh nasional melayat ke kediaman ekonom senior Rizal Ramli di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan. Salah satu tokoh yang tersebut adalah Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK).

Setelah bertemu dengan keluarga almarhum, JK menyampaikan kesan tentang sosok Rizal Ramli. MenurutJK, mereka pernah banyak berdiskusi tentang pangan.

Hal itu terjadi ketika Rizal Ramli ditunjuk Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk menggantikan JK sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). "Beliau pernah mengganti saya sebagai Ketua Bulog pada tahun 2000, kita selalu berdiskusi tentang pangan," kata JK.



JK melanjutkan, komunikasi dirinya dengan Rizal kembali intens ketika sama-sama di Pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama.

Pada waktu itu, JK yang duduk sebagai wakil presiden dan Rizal Ramli sebagai Menko Bidang Kemaritiman. Menurut JK, dia dan Rizal sering berbeda pendapat.



"Dan juga selama pemerintahan. Walaupun saya sering berbeda pendapat dan tajam, tapi kita tetap bersahabat. Kadang-kadang bertentangan, tapi beliau menerima itu dan saya menerima itu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada Selasa (2/1/2024) malam. Jenazahnya akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)