Soal Pengganti Firli Bahuri di KPK, Jokowi Sebut Masih dalam Proses

Sabtu, 30 Desember 2023 - 12:48 WIB
loading...
Soal Pengganti Firli Bahuri di KPK, Jokowi Sebut Masih dalam Proses
Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Firli Bahuri yang telah diberhentikan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Firli Bahuri yang telah diberhentikan. Jokowi menegaskan saat ini sedang dalam proses.

Sebelumnya, Jokowi telah resmi memberhentikan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Pemberhentian itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 129/P Tahun 2023 per tanggal 28 Desember 2023.

“Sudah saya tanda tangan (Keppres). Masih dalam proses semuanya,” ujar Jokowi usai menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional 2023 dalam Rangka Kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023).

Keppres yang telah dikeluarkan Jokowi terkait pemberhentian Firli Bahuri berdasarkan hasil sidang Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait Putusan Dugaan Pelanggaran Ketua (Nonaktif) KPK Firli Bahuri pada Rabu 27 Desember 2023. Dewas KPK dalam putusannya merangkum tiga pelanggaran etik Firli.

Pertama, Firli diduga mengadakan hubungan langsung maupun tak langsung dengan pihak lain yang sedang berperkara di KPK. Kedua, Firli tak melaporkan pertemuan itu kepada Pimpinan KPK lainnya.



Ketiga, Firli dianggap tak jujur dalam melaporkan harta kekayaannya dalam formulir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)