Pengamat Politik UI Sebut Gibran Jawab Keraguan Publik

Sabtu, 23 Desember 2023 - 10:29 WIB
loading...
Pengamat Politik UI Sebut Gibran Jawab Keraguan Publik
Cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Pilpres 2024 di JCC, Jumat (22/12/2023) malam. FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Penampilan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dinilai cukup meyakinkan dalam debat Pilpres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mampu menjawab keraguan publik terhadap kualitasnya.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana mengatakan, sebelum debat cawapres, banyak yang meragukan kemampuan Gibran karena ia kerap menghindari forum debat di luar yang diadakan KPU secara resmi. Namun Gibran berhasil membuktikan diri kalau kapasitasnya tak perlu lagi diragukan.

"Orang yang kemarin meremehkan Gibran yang underestimate. Dengan kemampuan retorika dan publik speaking karena jarang tampil ke publik, ternyata dia membalikkan situasi," kata Aditya dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).



Dengan memperlihatkan kebolehannya tampil di debat cawapres, Aditya meyakini Gibran punya potensi besar mampu bersaing di kancah Pilpres. Aditya justru heran dengan penampilan Muhaimin Iskandar yang kerap blunder. Seperti saat membahas mengenai Ibu Kota Negara (IKN) dan membahas State Of The Global Islamic Economy (SGIE). Padahal ekonomi syariah adalah salah satu visi misi Anies-Muhaimin.

"Cak Imin blunder banyak. Terutama soal IKN dan ekonomi syariah global. Meskipun itu jebakan," ucap Aditya.

Hal sama disampaikan Analis politik, Arifki Chaniago, menilai Gibran Rakabuming Raka menguasai panggung debat. Arifki mengatakan Gibran telah membalikkan opini publik yang semula meremehkan dirinya akan melempem pada forum debat resmi.

"Saya membaca Gibran di luar dugaan. Debat cawapres ini jelas dikuasai oleh Gibran. Sebelumnya Gibran sebelumnya diremehkan," kata Arifki.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)