Dipimpin Jenderal Agus Subiyanto, Berikut 10 Jenderal TNI AD yang Resmi Naik Pangkat

Rabu, 20 Desember 2023 - 11:01 WIB
loading...
Dipimpin Jenderal Agus Subiyanto, Berikut 10 Jenderal TNI AD yang Resmi Naik Pangkat
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 15 Desember 2023. FOTO/PUSPEN TNI
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 Jenderal TNI AD yang naik pangkat setelah mendapat promosi jabatan pada pertengahan November lalu. Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi telah diberikan dalam upacara yang digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (15/12/2023) akhir pekan lalu.

Upacara Kenaikan Pangkat didasarkan surat perintah Panglima TNI nomor Sprin/2527/XII/2023 tanggal 11 Desember 2023. Total sebanyak 17 Perwira Tinggi (Pati) naik pangkat, di mana 10 di antaranya berasal dari TNI AD. Selebihnya, satu orang dari TNI AL, dan enam dari TNI AU.

Dari 10 Jenderal TNI AD yang mengikuti upacara, empat di antaranya naik pangkat dari Brigjen menjadi Mayjen. Sementara sisanya pecah bintang atau dari Kolonel naik menjadi Brigjen.


Berikut ini 10 Jenderal TNI AD yang Naik Pangkat

1. Mayjen TNI Suhardi

Suhardi yang sebelumnya menjabat Direktur D Bais TNI mendapat promosi jabatan menjadi Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopsus) TNI pada mutasi 17 November 2023. Atas promosi jabatan itu, Suhardi yang berpangkat Brigjen naik menjadi Mayjen.

2. Mayjen TNI Edy Sutrisno

Edy Sutrisno naik pangkat dari Brigjen ke Mayjen setelah mendapat promosi jabatan sebagai Pa Sahli Tk III KSAD Bid. Polkamnas pada mutasi TNI 17 November 2023. Sebelumnya, Edy menjabat Kasdam Jaya.

3. Mayjen TNI Supriono

Supriono mendapat promosi jabatan dari Danrem 042/Garuda Putih menjadi Pa Sahli Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Tk III Bidang Komsos. Atas promosi itu, abituren Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan Infanteri itu naik pangkat dari Brigjen ke Mayjen.

4. Mayjen TNI Rudi Puruwito

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menunjuk Rudi Puruwito sebagai Pangdivif 1 Kostrad yang baru pada mutasi TNI 17 November 2023. Mantan Waaspers KSAD Bidang Binpers itu kemudian naik pangkat dari Brigjen ke Mayjen.

5. Brigjen TNI Toyib Anwari

Toyib Anwari menjadi salah satu perwira TNI yang pecah bintang tahun ini. Mantan Wadan Satintel Bais TNI itu mendapat promosi jabatan menjadi Direktur D Bais TNI. Pangkatnya pun naik dari Kolonel menjadi Brigjen.

6. Brigjen TNI Rachmad

Rachmad yang sebelumnya menjabat Pamen Denmabesad ditunjuk sebagai Danrem 042/Garuda Putih dalam mutasi 17 November 2023. Atas promosi jabatan itu, Rachmat pecah bintang atau naik pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen.

7. Brigjen TNI Asep Dedi Darmadi

Asep Dedi Darmadi juga salah satu Pati TNI yang pecah bintang, dari Kolonel menjadi Brigjen. Mantan Kasetumad itu mendapat promosi jabatan sebagai Pa Sahli TKII Kasad Bid Jahpers pada mutasi 17 November 2023.

8. Brigjen TNI Bambang Sujarwo

Selanjutnya ada Bambang Sujarwo yang naik pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen. Sebelumnya Bambang Sujarwo menjabat Pamen Denma Mabesad kemudian promosi jabatan menjadi Kapoksahli Pangdam IV/Dip.

9. Brigjen TNI Krido Pramono

Krido Pramono yang sebelumnya menjabat Paban V/Binkar Spersad ditunjuk sebagai Waapers KSAD Bid Binpers pada mutasi 17 November 2023. Atas promosi jabatan itu, Krido mendapatkan kenaikan pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen TNI.

10. Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus

Terakhir adalah Fierman Sjafirial Agustus yang naik pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen setelah ditunjuk sebagai Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw pada mutasi 17 November 2023. Sebelumnya Fierman menjabat sebagai Ajudan Wapres RI.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)