alexa snippet

KPU Sebut Jumlah Anggota TNI-Polri Aktif Ikut Pilkada Meningkat

KPU Sebut Jumlah Anggota TNI-Polri Aktif Ikut Pilkada Meningkat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Jumlah anggota TNI dan Polri aktif yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 meningkat dari tahun sebelumnya. Jumlah itu tercatat di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jumlah TNI - Polri aktif yang mencalonkan, itu sepertinya naik juga," ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam diskusi Polemik Radio MNC Trijaya Network bertajuk Wajah Politik Pilkada 2018 di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Dikatakan Arief, umumnya purnawirawan TNI dan Polri yang maju di Pilkada. "Dulu juga ada TNI Polri, tapi biasanya sudah purnawirawan baru kemudian maju," ujarnya.

Selain itu, jumlah bakal calon kepala daerah tahun 2018 dari kalangan perempuan meningkat. Tak hanya itu, bakal calon kepala daerah dari Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal meramaikan Pilkada tahun ini.

Sebab, sekitar 50 persen ASN mendaftarkan diri maju di Pilkada serentak 2018. "Nah ini KPU diperintahkan oleh mahkamah harus menciptakan lebih dari satu pasangan calon. Harapannya membuka kesempatan membuka paslon baru, oleh karenanya KPU membuka selebar-lebarnya," katanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top