Spesifikasi Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II yang Diberikan Coldplay di Sungai Cisadane

Kamis, 07 Desember 2023 - 10:32 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II yang Diberikan Coldplay di Sungai Cisadane
Kapal pembersih sampah Neon Moon II merupakan hadiah dari Coldplay kepada Indonesia untuk menangani sungai-sungai kotor di dunia. Kapal ini akan beroperasi di sepanjang Sungai Cisadane. Foto/The Ocean Cleanup
A A A
JAKARTA - Kapal pembersih sampah Neon Moon II akan beroperasi di sepanjang Sungai Cisadane. Kapal tersebut merupakan hadiah dari band asal Inggris, Coldplay kepada Indonesia untuk menangani sungai-sungai kotor di dunia.

Coldplay telah bekerja sama dengan organisasi nirlaba The Ocean Clean Up yang berbasis di Belanda. Kapal serupa juga sudah ada di beberapa negara lain seperti di Malaysia, Republik Dominika, Vietnam, dan Amerika Serikat.



Kapal ini dioperasikan dengan sumber tenaga yang berasal sepenuhnya dari sinar matahari. Adapun cara bekerja kapal tongkang ini dengan menangkap sampah plastik yang sudah terapung di permukaan sungai, sehingga mencegahnya masuk ke laut.

Spesifikasi Kapal Neon Moon II Coldplay


Kapal Neon Moon II adalah salah satu dari seri Interceptor yang dikembangkan oleh The Ocean Cleanup, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada teknologi pembersihan sampah plastik di laut dan sungai.

Kapal pembersih sampah Neon Moon II jenis Interceptor yang dihadiahkan untuk Indonesia diperkirakan berharga USD777.000 atau setara Rp11,9 miliar (kurs Rp15.424). Namun karena banyaknya permintaan, harga kapal bisa lebih murah.



Kapal ini memiliki panjang 24 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 6 meter. Kapal hadiah dari Coldplay dirancang khusus untuk menangkap sampah yang mengalir di sungai dengan menggunakan conveyor belt yang terhubung dengan bak-bak sampah di lambung kapal.

Kapal Neon Moon generasi dua ini dapat menampung sampah hingga 6 ton sebelum harus dikosongkan ulang. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem otomatis yang dapat mengirim pesan ke operator lokal untuk datang dan menarik bak-bak sampah.

Kapal ini ditenagai baterai lithium ion yang dapat diisi ulang dengan menggunakan panel surya yang terpasang di atas kapal. Kapal Neon Moon II juga memiliki sistem komunikasi, sensor, lampu, dan kamera yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)