Wapres: Indonesia dan Malaysia Serukan Konflik Palestina-Israel Diakhiri

Rabu, 29 November 2023 - 06:26 WIB
loading...
Wapres: Indonesia dan Malaysia Serukan Konflik Palestina-Israel Diakhiri
Wapres Maruf Amin dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim bertemu di Kuching, Malaysia, Selasa 28 November 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan, Indonesia dan Malaysia sepakat menyerukan untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel . Kesepakatan itu dilaksanakan saat Wapres Ma'ruf dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim bertemu di Kuching, Malaysia, Selasa 28 November 2023.

Menurut Wapres, sama seperti Indonesia, Pemerintah Malaysia juga secara tegas menyerukan agar perang di Gaza segera diakhiri dan mendorong penyelesaian konflik secara permanen.

"Beliau sendiri mengatakan bahwa dengan Indonesia dan Pak Jokowi sama-sama kencang untuk membela Palestina, untuk menghentikan perang di Gaza," tegas Wapres dalam keterangan resminya, Rabu (29/11/2023).

"Dan juga mencari penyelesaian, terus dilakukan. Tidak hanya semacam jeda beberapa hari, tetapi dihentikan secara keseluruhan," tambahnya.



Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan, pertemuan itu juga membahas mengenai upaya peningkatan kerja sama Indonesia-Malaysia dalam berbagai bidang. Termasuk, meminta agar pemerintah Malaysia meningkatkan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia (PMI).

"Menyangkut soal pekerja migran Indonesia, kita harapkan ada perbaikan perlindungan, dan mendapatkan respons baik," ungkap Wapres.

Sejalan dengan Wapres, Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono menambahkan bahwa PM Malaysia berjanji akan memberikan solusi atas masalah perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia di Malaysia. Selain itu, PM Malaysia juga menyatakan akan menyelesaikan secara cepat masalah perbatasan wilayah kedua negara.

"Mengenai perlindungan sektor rumah tangga, Pak PM berjanji akan menyelesaikan masalah ini, dan juga percepatan penyelesaian masalah perbatasan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)